Kamis 17 Aug 2023 08:06 WIB

Mirip TikTok, YouTube Music Luncurkan Samples

Mengetuk Samples secara otomatis memulai klip video pendek vertikal.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
YouTube Music meluncurkan Samples, feed video vertikal khas TikTok.
Foto: Mashable
YouTube Music meluncurkan Samples, feed video vertikal khas TikTok.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-YouTube Music meluncurkan Samples, feed video vertikal khas TikTok. Ini adalah cara sekali ketuk untuk menemukan musik baru dengan cepat. 

Samples ada di tab baru di bagian bawah aplikasi, di samping home feed, your library dan explore section. Mengetuk Samples secara otomatis memulai klip video pendek vertikal dari lagu yang menurut YouTube Music akan Anda sukai. 

Baca Juga

Secara alami, itu menarik lagu berdasarkan profil selera Anda, dengan penekanan pada artis yang Anda sukai. Selain itu, juga terkait yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya. 

Aplikasi ini sudah memiliki beberapa daftar putar yang disesuaikan dengan kebiasaan mendengarkan Anda, termasuk Supermix yang menyatukan lagu dan artis di semua kebiasaan mendengarkan Anda. Ada juga daftar putar Discover, tentu saja, berfokus pada hal-hal yang tidak Anda kenal tetapi mungkin Anda nikmati berdasarkan riwayat Anda. 

Manajer produk YouTube Music, Gregor Dodson, mengatakan algoritme untuk umpan Samples sedikit berbeda dari keduanya. Dia mencoba menempatkan di antara dua daftar putar, menyorot artis yang mungkin Anda kenal tetapi menarik klip yang belum Anda tonton sebelum.

Klip yang akan Anda lihat di Samples hanya berdurasi 30 detik, tetapi itu cukup untuk memberi Anda gambaran tentang lagu tersebut. Jika bukan itu yang Anda cari, geser ke atas dan Anda akan beralih ke lagu lain, dan Anda dapat melakukan ini sebanyak yang Anda mau. "Video pendek [dan] gulir tak terbatas memiliki aplikasi yang sangat menarik dalam penemuan musik," katanya seperti dilansir dari laman Engadget, Kamis (17/8/2023).

Menurutnya ini adalah cara sederhana untuk menemukan musik baru. "Tetapi ini bukanlah akhir dari perjalanan, ini hanyalah awal dari menemukan artis atau lagu baru," ujarnya.

Untuk itu, tampilan video Samples dilapisi dengan sejumlah kontrol. Dari Samples apa pun, Anda dapat mengetuk jempol untuk menyimpan lagu ke daftar putar "lagu yang disukai". Anda juga dapat menyimpan lagu ke daftar putar apa pun yang Anda buat. Di antara dua opsi ini, cukup mudah untuk memindai Samples dengan cepat dan menyimpan banyak lagu untuk diperiksa lebih lanjut. Dan jika Anda mendengar sesuatu yang ingin segera Anda mainkan secara penuh, cukup ketuk tombol putar lama yang besar di sudut layar.

Ada juga tombol "Shorts" yang mengarahkan Anda ke aplikasi utama YouTube. Ini akan menampilkan klip Shorts lain yang dibuat dengan audio yang Anda pilih dan memungkinkan Anda membuat klip sendiri dengan lagu tersebut. Akhirnya, tombol bagikan melakukan apa yang Anda pikirkan - Anda mendapatkan tautan yang dapat masuk ke sejumlah aplikasi lain seperti Messages, Reddit, Facebook, dan apa pun yang mungkin telah Anda instal. 

Dalam menu selanjutnya, Anda dapat menemukan banyak opsi lain, seperti memulai stasiun radio berkelanjutan dari lagu tersebut, membuka halaman artis untuk menemukan lebih banyak musik, menyimpan lagu favorit dan sebagainya. 

YouTube mengatakan bahwa fitur Samples diluncurkan secara global mulai hari ini untuk pengguna Android dan iOS. Seperti kebanyakan fitur baru, fitur ini mungkin tidak langsung masuk ke aplikasi Anda, jadi Anda mungkin perlu sedikit bersabar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement