Ahad 29 Dec 2019 06:50 WIB

Arkeolog Temukan Ukiran Batu dari Dinasti Tang China

Arkeolog menemukan ubin, ornamen genting, batu bata, serta tembikar dan porselen.

Rep: Febryan A/ Red: Dwi Murdaningsih
Pemerintah Provinsi Shaanxi, China menyatakan berhasil menemukan ukiran batu dan komponen bangunan di pemakaman Dinasti Tang (618-907).  Foto: Tembok raksasa di Cina.    (AP/Ng Han Guan)
Pemerintah Provinsi Shaanxi, China menyatakan berhasil menemukan ukiran batu dan komponen bangunan di pemakaman Dinasti Tang (618-907). Foto: Tembok raksasa di Cina. (AP/Ng Han Guan)

REPUBLIKA.CO.ID, XINHUA -- Pemerintah Provinsi Shaanxi, China menyatakan berhasil menemukan ukiran batu dan komponen bangunan di pemakaman Dinasti Tang (618-907). Lokasinya berada di barat laut provinsi atau lebih tepatnya di Kota Caocun, wilayah Fuping.

Penemuan itu diumumkan pada Rabu (25/12) setelah arkeolog dari Institut Arkeologi Shaanxi melakukan penggalian dalam beberapa waktu terakhir. Adapun situs yang digali adalah makam dari kaisar ke-10 Dinasti Tang, Li Song.

Dilansir dari laman China.org.cn, Jumat (27/12), disebutkan bahwa penggalian yang dimulai tahun 2019 itu berhasil menemukan sejumlah material bangunan dari Dinasti Tang. Seperti ubin, ornamen genting, batu bata, serta tembikar dan fragmen porselen.

Selain itu, juga ditemukan satu batu pilar, dua batu ukiran kuda bersayap, dan tiga batu ukiran pengawal kerajaan. Salah satu dari kuda bersayap itu, kata pihak institut, adalah penemuan langka lantaran ukiran indah itu masih utuh.

Salah satu arkeolog dari Institut Arkeologi Shaanxi, Tian Youqian, mengatakan, penemuan terbaru ini telah mengungkap bentuk dan struktur area pemakaman kuno tersebut. Terkhusus penemuan ukiran batu, kata dia, akan sangat berguna untuk mempelajari perkembangan dan evolusi sistem pemakaman pada Dinasti Tang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement