Sabtu 23 Nov 2019 01:50 WIB

Ilmuwan Temukan Data Baru Planet Kesembilan Tata Surya

Teleskop TESS digunakan untuk melacak keberadaan planet kesembilan.

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pelajar melihat mural tentang tata surya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara, Senin (11/11/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para ilmuwan dari Amerika Serikat (AS) dan Hongaria mengatakan teleskop luar angkasa TESS yang dirancang untuk mencari eksoplanet melalui metode transit kemungkinan besar saat ini telah mendeteksi Planet Kesembilan atau juga dikenal sebagai Planet X yang misterius di tata surya. TESS juga disebut dapat digunakan untuk melacak objek trans-Neptunus, yaitu benda langit di luar orbit Neptunus.

Terdapat tiga benda langit yang diklarifikasi dalam hal ini. Pertama adalah Sedna dengan magnitudo yang tampak dalam 20.5-20.8, kemudian kandidat untuk planet kerdil  2015 BP519 dengan magnitudo tampak dalam 21.5, dan objek 2015 BM518 dengan magnitudo jelas 21.6.

Baca Juga

Gambar-gambar dari ketiga objek itu tampak tidak jelas, namun dapat dikenali. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa planet X akan dapat dibedakan sebagai objek dengan magnitudo yang tampak antara 19-24.

Hal itu mengartikan bahwa ada peluang hipotetis bagi TESS untuk melihat planet kesembilan yang misterius itu. Para ahli sebelumnya menyarankan teleskop ruang angkasa untuk melakukan pengamatan. Namun ini memiliki kemungkinan untuk memakan waktu yang lama dalam menganalisis data yang diperoleh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement