Senin 11 Nov 2019 18:54 WIB

Ini Alat Khusus untuk Lihat Transit Merkurius

Para pengamat langit pun membutuhkan alat khusus untuk melihat Transit Merkurius.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Transit Merkurius yang terjadi pada 2006.
Foto: NASA
Transit Merkurius yang terjadi pada 2006.

REPUBLIKA.CO.ID, Dilansir melalui Space, Senin (11/11), fenomena Transit Merkurius akan terjadi hari ini, sekitar pukul 19.00 WIB. Merkurius akan memulai perjalanannya melintasi matahari pada hari ini pukul 07.35 pagi EST dan seluruh transit akan memakan waktu sekitar 5,5 jam. Menurut NASA, berarti peristiwa itu selesai pada pukul 01.04 malam EST.

Untuk melihat transit Merkurius tidak bisa sembarang. Filter surya khusus harus ada di semua teleskop atau teropong yang diarahkan ke matahari. Para pengamat langit akan memerlukan peralatan khusus, yakni teleskop atau teropong berfilter pelindung surya untuk melihatnya.

Baca Juga

Kacamata hitam atau warna gelap tidak akan melindungi mata dari kerusakan permanen. Jangan melihat langsung ke matahari tanpa filter matahari.

Harap diperhatikan, kacamata gerhana matahari yang dipasangkan dengan teropong atau teleskop tidak akan berpengaruh. Kombinasi itu bahkan lebih berbahaya daripada menatap matahari dengan mata telanjang, sebab lensa bertindak sebagai kacamata pembesar. Ini akan memperbesar cahaya matahari yang menyinari mata.

Sementara, peneliti pada Pusat Sains Antariksa Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) Rhorom Priyatikanto dalam pesan singkatnya diterima di Jakarta, Senin (11/11), mengatakan masyarakat Indonesia tetap dapat menyaksikan peristiwa itu, tentunya dengan adanya jaringan internet.

"Transit Merkurius nanti terjadi pukul 19.00 WIB sampai 01.00 dini hari, ketika Matahari ada di atas ufuk. Tidak mungkin terlihat langsung di Indonesia. Tapi jaringan internet bisa menembusnya," kata Rhorom.

Peristiwa Transit Merkurius ini, menurut Rhorom, istimewa. Waktu transit cukup penting dalam model perhitungan orbit benda langit. Pengamatan seperti ini bisa membuktikan kebenaran teori relativitas umum Einstein tentang ruang waktu yang melengkung oleh benda bermassa besar seperti Matahari.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement