Senin 11 Nov 2019 18:42 WIB

Transit Merkurius Bisa Dilihat dari Lokasi Ini

Transit Merkurius bisa dilihat dari lokasi, dimana matahari sudah akan terbit.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Nora Azizah
Planet Merkurius
Foto: NASA
Planet Merkurius

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dilansir melalui Space, Senin (11/11), fenomena Transit Merkurius akan terjadi hari ini, sekitar pukul 19.00 WIB. Merkurius akan memulai perjalanannya melintasi matahari pada hari ini pukul 07.35 pagi EST dan seluruh transit akan memakan waktu sekitar 5,5 jam. Menurut NASA, berarti peristiwa itu selesai pada pukul 01.04 malam EST.

Transit Merkurius akan terlihat dari sebagian besar Amerika Utara, dan seluruh Amerika Selatan. Kemudian, Transit Matahari juga bisa dilihat di seluruh Afrika,d an beberap bagian Eropa, Asia, dan Antartika.

Baca Juga

Menurut peta yang dikembangkan oleh Time and Date, bangunan pencakar langit di kota-kota seperti New York, Montreal, dan Sao Paulo akan dapat melihat seluruh transit Merkurius. Orang-orang di Honolulu, Roma, dan Kairo dapat menangkap bagian perjalanan Merkurius.

Orang di Pantai Timur Amerika Serikat akan dapat melihat transit karena matahari sudah akan terbit. Mereka yang berada di Ohio dan Columbus juga dapat menangkap bayangan kecil Merkurius yang masuk dan meninggalkan cakram matahari.

Mereka yang berada di sebelah Barat Sungai Mississippi akan melewakan sebagian peristiwa itu, karena transit berlangsung pada saat matahari terbit. Orang-orang di San Francisco, California akan memiliki lebih dari tiga jam setelah matahari terbit.

Merkurius dan Venus merupakan satu-satunya planet yang dapat lewat di depan atau transit di dekat matahari. Dua planet tersebut dapat terlihat dari Bumi dikarenakan berada di antara matahari dan orbit Bumi.

Jarak rata-rata  Merkurius dan matahari adalah 39,9 juta mil atau sekitar 30 persen dari jarak rata-rata antara Bumi dan matahari. Transit merupakan peristiwa langka.

Dari Bumi, Merkurius terlihat melintasi permukaan matahari rata-rata 13 kali setiap 100 tahun. Agar transit terjadi, Merkurius harus berada di tempat dan waktu yang tepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement