Rabu 27 Sep 2017 07:48 WIB

Lucu! Robot Ini Bisa Akting Pingsan Kalau Cium Bau Kaki

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Winda Destiana Putri
Hana-chan, robot pendeteksi bau kaki.
Foto: Odditycentral
Hana-chan, robot pendeteksi bau kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, Jepang sangat terkenal dengan berbagai inovasi robotnya. Kali ini, sebuah perusahaan di Jepang menciptakan robot anjing yang memiliki tingkah menggemaskan. Jika Anda ingin mengetahui apakah kaki Anda bau atau tidak, robot anjing bernama Hana-chan bisa memberikan jawabannya.

Hana-chan dilengkapi sensor khusus di hidungnya yang dapat membuatnya bereaksi saat mencium bau kaki seseorang. Lucunya, reaksi yang dikeluarkan Hana-chan berdasarkan tingkat kebauan.

Misal, jika kaki Anda tidak berbau, Hana-chan akan dengan lincah menggoyang-goyangkan ekornya, jika Hana-chan mendeteksi ada bau-bau tidak sedap di kaki Anda, robot ini akan mulai mengeluarkan suara gong-gongan dan saat bau kaki Anda sudah sangat benar-benar mengganggu, Hana-chan akan bereaksi pingsan.

Lalu, apa alasannya perusahaan tersebut menciptakan robot anjing seperti Hana-chan? Dilansir Odditycentral, bau kaki di Jepang merupakan satu hal yang jadi perhatian cukup besar. Masyarakat Jepang memiliki kebiasaan melepas sepatu setiap kali memasuki rumah. Namun di sisi lain, membuat orang terganggu dengan bau badan atau pun bau kaki dianggap sebagai perbuatan tidak menyenangkan di Jepang.

Maka dari itu, diciptakanlah robot ini untuk antisipasi awal masalah bau kaki. Hana-chan sendiri telah dikembangkan di Institute Nasional Teknologi selama dua tahun belakang. Kini robot anjing pencium bau kaki ini siap diluncurkan oleh perusahaan bernama Next Technology.

Permasalahan bau badan atau akaki ini sudah menjadi perhatian di kalangan para perusahaan teknologi. Selain robot Hana-chan, Panasonic sebelumnya telah meluncurkan gantungan jaket penghilang bau busuk. Ada pula Konika Minolta yang menciptakan sebuah perangkat pendeteksi bau badan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement