Rabu 03 Aug 2016 05:05 WIB

Misteri Punahnya Manusia Purba di Kaki Gunung Ciremai

Manusia Purba. Ilustrasi
Foto:
Ara Situs Taman Purbakala Cipari, kaki Gunung Ciremai, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Kawasan Taman Purbakala Cipari terletak di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Kawasan tersebut berada di ketinggian 661 meter di atas permukaan air laut (Mdpl). Di sebelah baratnya bertengger Gunung Ciremai dengan ketinggian 3.078 Mdpl.

Pengelola Situs Taman Purbakala Cipari, Uu Mardia mengatakan, sejarahnya Situs Taman Purbakala Cipari dulunya merupakan lahan pertanian. Kurang dari satu kilometer dari situ ada sungai kecil, dulunya mungkin sungai juga. Tapi tidak nampak ada peninggalan purbakala di atas lahan pertanian tersebut.

Dulu lahan pertanian di kawasan situs milik masyarakat. Ada tujuh orang yang memilikinya, salah satunya Wijaya. Suatu ketika Wijaya yang sedang menggarap lahan pertanian dan menemukan artefak berupa peti kubur batu.

"Saat ia sedang mencangkul ditemukan peti kubur batu, tepatnya pada tahun 1972," kata Uu.

Kemudian, hasil temuan masyarakat tersebut dilaporkan ke Lembaga Peningalan Purbakala Nasional (LPPN) di Jakarta. Sekitar 1975 diadakan pengalian total oleh Tim Arkeolog dari Jakarta bersama mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement