Sabtu 16 Jan 2016 08:51 WIB

Cina Berencana Meneliti Sisi Gelap Bulan pada 2018

Rep: c25/ Red: Bilal Ramadhan
Foto Nasa mengenai misi pendaratan Apollo di bulan
Foto Nasa mengenai misi pendaratan Apollo di bulan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam laporan terbaru, Cina dikatakan sedang mempersiapkan Chang'e-4. Alat itu dipersiapkan untuk mendarat dan melakukan perjalanan di sisi gelap bulan pada 2018 nanti.

Dilansir dari Digital Trends, Sabtu (16/1), laporan itu sendiri lebih cepat dua tahun dari yang direncanakan sebelumnya. Misi yang paling utama tentu mendaratkan pesawat ruang angkasa di sisi gelap, sesuatu yang belum pernah dicoba.

Peningkatan minat Cina hadir setelah keberhasilan pendaratan Chang'e-3. Pada 2013 lalu, Chang'e-3 melakukan pendaratan rutin dan sangat sukses di bulan, sejak terkahir pada 1976. Setelah itu, analisis daerah bulan di sekitar lokasi pendaratan terus dilakukan, meski kehilangan sejumlah kemampuan fungsional.

Daerah sekitar pendaratan itu dilaporkan memproduksi sampel mineralogi. Dengan sejumlah fakta lain, Cina merasa bulan jauh lebih kompleks dari yang diperkirakan sebelumnya. Untuk misi mendatang, Cina berencana menggunakan CHang'e-4 dengan muatan yang lebih besar.

Pendaratan akan meneliti kondisi geologi dari sisi gelap bulan, dan menjelaskan secara lebih dinamis tentang sejarah bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement