Jumat 05 Jan 2024 19:12 WIB

Dua Perusahaan Swasta Ajak AS untuk Coba Lagi Pendaratan di Bulan

Ini bagian dari upaya pengiriman komersial ke bulan.

Rep: Rahma Sulistya  / Red: Friska Yolandha
Dua perusahaan swasta berupaya untuk mengajak Amerika Serikat untuk kembali terlibat, setelah lebih dari lima dekade program Apollo berakhir.
Foto: murdoc
Dua perusahaan swasta berupaya untuk mengajak Amerika Serikat untuk kembali terlibat, setelah lebih dari lima dekade program Apollo berakhir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- China dan India berhasil melakukan pendaratan di bulan, sementara Rusia, Jepang, dan Israel berakhir di tumpukan sampah bulan. Saat ini, dua perusahaan swasta berupaya untuk mengajak Amerika Serikat untuk kembali terlibat, setelah lebih dari lima dekade program Apollo berakhir.

Ini adalah bagian dari upaya yang didukung NASA untuk memulai pengiriman komersial ke bulan karena badan antariksa tersebut berfokus untuk membawa astronaut kembali ke sana. “Mereka adalah pengintai yang pergi ke bulan lebih dulu,” kata Administrator NASA Bill Nelson.

Baca Juga

Teknologi Astrobotik Pittsburgh dengan menggunakan pendarat Vulcan dari United Launch Alliance, rencananya menjadi yang pertama diperkenalkan pada Senin (8/1/2024). Pendarat dengan Mesin Intuitif Houston itu akan diluncurkan pada pertengahan Februari, dan melakukan penerbangan dengan SpaceX.

Lalu ada Jepang, yang akan mencoba melakukan pendaratan dalam dua pekan ini. Pendarat Badan Antariksa Jepang dengan dua wahana penjelajah seukuran mainan, menjadi awal yang baik. Badan itu berbagi pengalaman peluncuran pada September 2023 lalu dengan teleskop sinar-X yang tetap berada di orbit mengelilingi Bumi.

Jika berhasil, Jepang akan menjadi negara kelima yang melakukan pendaratan di bulan. Rusia dan AS melakukannya berulang kali pada 1960-an dan 1970-an.

China telah mendarat tiga kali dalam satu dekade terakhir (termasuk di sisi jauh bulan), dan akan kembali ke sisi jauh bulan pada akhir tahun ini untuk membawa sampel bulan. Dan pada musim panas lalu, India melakukannya. Hanya Amerika yang pernah mengirim astronaut ke bulan.

Mendarat tanpa merusak bulan bukanlah hal yang mudah. Hampir tidak ada atmosfer yang mampu memperlambat pesawat ruang angkasa, dan parasut jelas tidak akan berfungsi. Artinya, pendarat harus mendarat menggunakan pendorong, sambil melewati tebing dan kawah berbahaya.

Perusahaan milik jutawan Jepang, Ispace, mengalami pendaratan darurat di bulan pada April 2023 lalu, diikuti oleh pendaratan darurat Rusia pada Agustus 2023. India menang beberapa hari kemudian di dekat wilayah kutub selatan, itu adalah percobaan kedua yang dilakukan India setelah jatuh pada 2019. Sebuah organisasi nirlaba Israel juga mengalami kecelakaan pada 2019.

Amerika Serikat belum pernah melakukan pendaratan di bulan sejak Gene Cernan dan Harrison Schmitt dari Apollo 17, menjelajahi permukaan abu-abu dan berdebu pada Desember 1972. Mars memberi isyarat dan bulan surut di kaca spion NASA, saat perlombaan antariksa antara Amerika dan Uni Soviet hampir berakhir. AS menyusul dengan beberapa satelit bulan, tapi belum ada pendarat yang terkendali hingga saat ini.

Mesin Astrobotik dan Mesin Intuitif itu tidak hanya ingin mengakhiri kekeringan Amerika dalam hal pendaratan di bulan, mereka juga bersaing untuk mendapatkan hak untuk menyombongkan diri sebagai entitas swasta pertama yang mendarat (dengan lembut) di bulan.

Meskipun peluncurannya terlambat, Mesin Intuitif itu memiliki tembakan yang lebih cepat dan lebih langsung, serta akan mendarat dalam waktu sepekan setelah lepas landas. Astrobotik memerlukan waktu dua pekan untuk sampai ke bulan dan satu bulan lagi di orbit bulan, sebelum pendaratan dilakukan pada 23 Februari 2023.

Jika terjadi penundaan roket, yang telah menghentikan kedua misi tersebut, salah satu perusahaan dapat menyelesaikannya terlebih dahulu. “Ini akan menjadi perjalanan yang sangat liar,” kata Kepala Eksekutif Astrobotik John Thornton.

Rekannya di Mesin Intuitif, Steve Altemus, mengatakan perlombaan antariksa ini lebih berkaitan dengan geopolitik, ke mana arah Tiongkok, ke mana arah seluruh dunia. “Artinya, lami tentu ingin menjadi yang pertama,” ucap dia.

Kedua perusahaan telah saling....

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement