Selasa 25 Aug 2015 07:17 WIB

Microsoft Rilis Cortana Versi Beta untuk Android

Cortana versi Android. Ilustrasi
Foto: The Verge
Cortana versi Android. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan software Microsoft akhirnya resmi merilis aplikasi asisten pribadi Cortana untuk perangkat bersistem operasi Android. Aplikasi yang masih dalam tahap uji coba (beta) itu sudah bisa diunduh dari toko aplikasi Google Play mulai Senin (24/8).

Menurut laporan The Verge, Senin, Microsoft melakukan sederet perbaikan untuk Cortana versi Android sejak dirilis untuk sejumlah penguji coba bulan lalu. Salah satu tambahan ekstra adalah kemampuan Cortana untuk menggantikan fitur Google Now ketika pengguna memencet tombol Home Android pada perangkat.

Namun, tidak seperti versi Windows-nya, Cortana untuk Android tidak didukung fitur suara "Hey Cortana".  Kekurangan ini disebabkan adanya beberapa konfigurasi perangkat yang mencegah Cortana untuk selalu mendengarkan perintah suara.

Selain kekurangan itu, Cortana versi Android selebihnya mengusung sejumlah fitur sama dengan versi Windows. Di antaranya, memungkinan pengguna mengakses perangkat untuk mengontrol informasi tersimpan mengenai Anda, dan sejumlah opsi seperti memunculkan agenda kegiatan, tempat terdekat untuk makan dan minum, berita, acara olaharga, cuaca, dan banyak lagi. 

Sayangnya, seperti dilansir The Verge, saat ini Cortana untuk Android baru tersedia untuk wilayah Amerika Serikat saja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement