Sabtu 10 Feb 2018 06:42 WIB

Asisten Personal Microsoft Cortana Kini Tersedia di iOS

Pengguna bisa mendapatkan pengalaman tampilan Cortana di tabletnya masing-masing.

Rep: Christiyaningsih/ Red: Winda Destiana Putri
Microsoft Cortana. Ilustrasi
Foto: The Verge
Microsoft Cortana. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Asisten Personal Microsoft Cortana kini sudah tersedia di perangkat iOS. Microsoft baru saja memperbarui Cortana khusus iOS yang mendukung pengoperasian di iPad. Ini artinya pengguna bisa mendapatkan pengalaman tampilan Cortana di tabletnya masing-masing.

Dilansir dari laman Ubergizmo, Microsoft telah mengoptimisasi tampilan muka (user interface) aplikasi dari ukuran 7,9 inci menjadi 12,9 inci agar sesuai untuk iPad. Pembaruan aplikasi menyebutkan adanya desain baru. Pada dasarnya aplikasi itu tampil sama seperti versi iPhone. Namun optimisasi membuat tampilan mukanya lebih nyaman dipandang mata.

Microsoft merilis pembaruan Cortana akhir bulan lalu dan mengklaim bahwa aplikasi tersebut kini 20 persen terbuka lebih cepat daripada sebelumnya. Raksasa perangkat lunak itu secara berkala memperbarui performa aplikasi asisten untuk iOS dan penambahan kecepatan saat dibuka sudah disinggung sebelumnya. Penambahan kecepatan ini dilakukan agar Cortana bisa menyamai performa bawaan yang sudah tertanam di iPad.

Cortana tak banyak dieksplorasi sari segi sistem operasi mengingat keterbatasan yang ada di Apple. Sebagaimana asisten lain seperti Alexa, Cortana dapat diandalkan untuk menyusun jadwal pertemuan, menyeting pengingat, menjawab pertanyaan, dan respons lain sesuai komando suara. Mereka yang ingin mencoba keandalan Cortana bisa mengunduh aplikasinya di App Store secara gratis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement