Rabu 16 Aug 2023 17:59 WIB

Microsoft Hapus Fitur Populer Ini di Windows 11, Apa Itu?

Microsoft menyoroti beberapa peranti lain yang mungkin berguna bagi pengguna.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Natalia Endah Hapsari
Dengan peluncuran Windows 11 dua tahun lalu, Microsoft menghapus Cortana dari bilah tugas, dan menampilkannya sebagai aplikasi mandiri. Namun, aplikasi mandiri kini telah dibuang seluruhnya./ilustrasi
Foto: ©Mashable
Dengan peluncuran Windows 11 dua tahun lalu, Microsoft menghapus Cortana dari bilah tugas, dan menampilkannya sebagai aplikasi mandiri. Namun, aplikasi mandiri kini telah dibuang seluruhnya./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Microsoft dikenal memiliki banyak fitur populer di Windows, salah satunya adalah Cortana. Pertama kali asisten digital Microsoft Cortana diluncurkan kembali pada tahun 2014. 

Namun, jika Anda penggemar berat Cortana, Anda harus menerima kabar buruk. Sebab, Microsoft telah mengumumkan telah secara resmi membuang aplikasi Cortana mandiri untuk Windows 11.

Baca Juga

Raksasa teknologi itu menjelaskan perubahan dalam posting blog pekan ini yang menyoroti bahwa penghapusan Cortana dapat memengaruhi cara Anda bekerja. Cortana pertama kali diluncurkan di Windows Phone pada tahun 2014, sebelum ditambahkan sebagai asisten cerdas di Windows 10, satu tahun kemudian.

Itu terintegrasi dalam bilah alat Windows 10 di mana pengguna dapat menggunakan asisten cerdas untuk mengatur pengingat, membuka aplikasi, dan lainnya.

Dengan peluncuran Windows 11 dua tahun lalu, Microsoft menghapus Cortana dari bilah tugas dan menampilkannya sebagai aplikasi mandiri. Namun, aplikasi mandiri kini telah dibuang seluruhnya.

"Kami membuat beberapa perubahan pada Windows dan Microsoft 365 yang akan berdampak pada pengguna Cortana. Cortana di Windows sebagai aplikasi mandiri sudah tidak digunakan lagi. Dukungan untuk Cortana di Teams seluler, tampilan Microsoft Teams, dan Ruang Microsoft Teams akan berakhir pada musim gugur 2023. Cortana di Outlook seluler akan terus tersedia," kata Microsoft, dilansir DailyMail, Rabu (16/8/2023).

Dalam posting blognya, Microsoft menyoroti beberapa alat lain yang mungkin berguna bagi pengguna di tengah penghapusan Cortana. Ini termasuk akses Suara, Bing bertenaga AI baru, Microsoft 365 Copilot, dan Windows Copilot.

"Kami sangat senang untuk terus berinovasi dan menggunakan AI untuk membantu Anda bekerja lebih cerdas dan cepat. Kami harap Anda menikmati cara baru menggunakan AI untuk menghemat waktu dan fokus pada hal yang paling penting bagi Anda," ucapnya.

Kabar itu muncul tak lama setelah Microsoft membuang fitur klasik keyboard PC yang sudah ada sejak sekitar dua dekade lalu. Print Screen adalah tombol pada keyboard PC yang mengambil tangkapan layar dan menyalinnya secara otomatis sehingga pengguna dapat menempelkannya ke aplikasi lain, seperti Paint.

Sekarang, pembaruan yang akan datang untuk Windows 11 yang disebut KB5025310, akan mengubah ini sehingga tombol Print Screen membuka Alat Snipping Microsoft. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement