Selasa 28 Oct 2014 19:25 WIB

Industri Aplikasi Lokal Sangat Potensial

Rep: MGROL31/ Red: Yudha Manggala P Putra
Aplikasi. Ilustrasi
Aplikasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pakar bidang teknologi informasi Onno W. Purbo  mengungkapkan industri pengembanganan perangkat lunak dan aplikasi lokal sebagai usaha potensial.

“Tren pasar di Indonesia yang paling besar ialah seluler. Simcard yang di jual di Indonesia sudah mencapai dari 120 persen jumlah penduduk Indonesia. Jadi dapat Anda bayangkan berapa banyak potensi yang dihasilkan dari usaha ini,” ujar Onno usai peluncuran toko aplikasi online Everstore di hotel InterContinental, Jakarta Selatan, Selasa (28/10).

Menurut Onno pengembang aplikasi sangat mudah dalam menjalankan bisnis.  "Tidak memerlukan kantor, hanya kreativitas dan koneksi internet. Ditambah lagi dengan adanya toko aplikasi lokal yang mendukung penuh bisnis ini juga makin membuka keran usaha kecil berbasis mobile tersebut,” imbuh pria kelahiran Bandung, Jawa Barat tersebut.

Onno juga menambahkan, “Tidak sedikit anak Indonesia yang mampu membuat custom ROM di bidang Android, yang menjadi kendala ialah fasilitas device yang memiliki sistem terbuka sangat minim. Saya juga tentu sangat mengharapkan aksi pemerintah dalam memfasilitasi usaha yang sangat potensial di Indonesia.”

Dosen di Surya University juga mengungkapkan keinginannya untuk Indonesia menjadi bangsa produsen dan bukan lagi menjadi bangsa yang mengedepankan sikap konsumtif terutama pada bidang teknologi informasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement