Rabu 30 Jan 2013 07:59 WIB

Apple Patenkan Desain Interior Tokonya

Rep: Friska Yolandha/ Red: Citra Listya Rini
Apple Inc. logo (illustration)
Foto: Reuters/Michael Dalder
Apple Inc. logo (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Apple Inc dikenal agresif melindungi iPads dan iPhone dari copycats. Perusahaan ini melakukan hal yang sama untuk desain interior tokonya.

Dilansir dari laman Reuters, US Patent dan Trademark Office mengabulkan permintaan Apple untuk merek dagang pada desain minimalis dan tata letak gerai ritel, pekan lalu. Deskripsi merek dagang ini termasuk "etalase kaca bening dikelilingi oleh fasad berpanel". Di dalam toko terdapat meja oblong dengan bangku-bangku yang diletakkan di bawah layar video.

Tahun lalu sebuah toko palsu Apple di Kunming, Cina menyedot perhatian masyarakat. Toko tersebut menggunakan logo Apple putih dengan meja-meja kayu. Seorang blogger membuat toko ini menjadi terkenal seantero negeri usai tulisan kunjungannya ke sana.

Toko tersebut terlihat asli. Bahkan orang-orang sampai berpikir mereka bekerja untuk Apple. Otoritas Cina segera meminta toko tersebut ditutup, beserta lebih dari 20 toko lain.

Apple menolak berkomentar terkait permintaan merk dagang tersebut. Desain tersebut adalah keinginan mantan CEO Apple, Steve Jobs. Pada 2003 Apple mematenkan desain tangga kaca yang mengambang yang terdapat di seluruh toko Apple. Jobs sendiri tercatat sebagai pemilik paten tersebut.

Perusahaan tersebut telah mengajukan paten merk dagang interior toko pada Mei 2010. Permohonan tersebut dikabulkan 22 Januari 2013. Apple memiliki 250 toko ritel di Amerika Serikat dan ribuan di seluruh dunia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement