Sabtu 16 Sep 2023 13:04 WIB

Lebih Baik Mana iPhone 15/Plus atau iPhone Pro/Pro Max? Cek Spesifikasinya

Jika mencari sesuatu yang lebih baik anda dapat menggunakan iPhone 15 Pro/Pro Max

Rep: Santi Sopia/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
The iPhone 15 Pro (ilustrasi). Jika mencari sesuatu yang lebih baik anda dapat menggunakan iPhone 15 Pro atau 15 Pro
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
The iPhone 15 Pro (ilustrasi). Jika mencari sesuatu yang lebih baik anda dapat menggunakan iPhone 15 Pro atau 15 Pro

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apple telah memperkenalkan jajaran iPhone 15 series pada 15 September 2023 di Amerika Serikat (AS). iPhone 15 dan iPhone 15 Plus adalah dua iPhone andalan Apple saat ini, dijual bersama iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. 

Seri iPhone 15 dan iPhone 15 plus menawarkan keseimbangan yang baik antara fungsionalitas, umur panjang, dan harga. Namun jika mencari sesuatu yang lebih baik daripada iPhone 15 dan 15 Plus, Anda dapat menggunakan iPhone 15 Pro atau 15 Pro Max. 

Dikutip dari Macrumors, Sabtu (16/9/2023), ukuran layar masing-masing model Pro sama, namun mencakup sejumlah peningkatan seperti layar Always-On dengan teknologi ProMotion, tombol Aksi yang dapat disesuaikan. Terdapat tombol dering/senyap di samping, chip A17 Pro yang lebih cepat, sistem kamera canggih dengan telefoto, dan banyak lagi.

Memilih iPhone adalah keputusan besar, jadi ada beberapa panduan yang bisa diikuti sebelum membelinya. IPhone 15 dan iPhone 15 Plus adalah perangkat andalan Apple yang berfokus pada konsumen dengan harga mulai dari Rp 12,26 juta di AS. Produk ini bergabung dengan iPhone 15 Pro dan iPhone Pro Max yang berfokus pada profesional, dan hadir dengan kemampuan dan fitur tambahan mulai dari Rp 15,3 juta.

Seperti jajaran iPhone 14 tahun lalu, keluarga iPhone 15 mencakup total empat model dengan dua iPhone 6,1 inci dan dua iPhone 6,7 inci. Jajaran konsumen mencakup iPhone 15 standar 6,1 inci dan iPhone 15 Plus 6,7 inci. IPhone 15 Pro 6,1 inci dan iPhone 15 Pro Max 6,7 inci mewakili model yang lebih mahal dan kelas atas.

Seperti halnya jajaran iPhone 14, fitur terbaik disediakan untuk model iPhone 15 Pro agar biaya tambahannya sepadan, tetapi iPhone 15 dan iPhone 15 Plus masih merupakan perangkat yang sangat mumpuni.

IPhone 15 dan 15 Plus masing-masing tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu pink, kuning, hijau, biru, dan hitam. Mungkin perubahan paling signifikan pada jajaran produk ini adalah perpindahan dari port Lightning yang telah ada di setiap iPhone selama lebih dari satu dekade ke port USB-C, meskipun transfer data pada model ini tetap pada kecepatan USB 2.0.

Hal baru untuk jajaran non-Pro pada tahun 2023 adalah Dynamic Island, yang memulai debutnya di jajaran iPhone 14 Pro setahun sebelumnya. Dynamic Island menggantikan notch sebelumnya di bagian atas layar dan menampung kamera TrueDepth yang menghadap ke depan dan sensor lainnya. 

Perangkat lunak membantu menyembunyikan komponen fisik ini di dalam Dynamic Island hitam, yang dengan lancar beradaptasi untuk menampilkan informasi penting dan memungkinkan interaksi pengguna.

IPhone 15 dan 15 Plus menggunakan chip A16 Bionic yang sama dengan yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Ini menggunakan daya 20 persen lebih sedikit dan menghadirkan peningkatan kinerja serta bandwidth memori 50 persen lebih banyak dibandingkan chip A15 Bionic di iPhone 14 dan 14 Plus.

Peningkatan kamera mencakup kamera Utama 48 megapiksel baru dengan sensor quad-piksel yang secara default mengambil foto 24 megapiksel. Kamera Utama yang diperbarui juga memungkinkan opsi Telefoto 2x baru yang dipotong secara cerdas dari pengambilan kamera penuh.

Potret tidak lagi memerlukan peralihan mode Potret, dengan iPhone 15 secara otomatis menangkap informasi mendalam ketika seseorang, anjing, atau kucing terdeteksi dalam bingkai. Sistem kamera baru juga menghadirkan detail yang lebih tajam, warna yang lebih hidup, dan peningkatan kinerja cahaya rendah pada potret, sementara mode Malam mengalami peningkatan serupa.

Chip Ultra Wideband generasi kedua menghadirkan fungsionalitas berbasis kedekatan yang ditingkatkan, memungkinkan iPhone untuk terhubung satu sama lain pada jangkauan tiga kali lipat dari sebelumnya. 

Daya tahan baterai pada iPhone 15 dan 15 Plus tetap sama dibandingkan pendahulunya, dengan pemutaran video hingga 20 jam di iPhone 15 dan 26 jam di iPhone 15 Plus. Seperti beberapa generasi terakhir, model iPhone 15 mendukung konektivitas 5G (sub-6GHz dan mmWave di Amerika Serikat), dan menggunakan modem Qualcomm X70 baru. Di Amerika, model iPhone kembali dikirimkan tanpa kartu SIM fisik karena operator sekarang menggunakan eSIM.

Apple juga bermitra dengan agen layanan seperti AAA di Amerika Serikat untuk memungkinkan pengguna yang mengalami kesulitan kendaraan saat berada di luar jangkauan sinyal seluler untuk meminta layanan, baik sebagai bagian dari keanggotaan AAA atau berdasarkan biaya.

Model iPhone 15 tersedia dalam kapasitas penyimpanan 128GB, 256GB, dan 512GB. Selain pengisian daya berkabel melalui USB-C, pengisian daya nirkabel melalui MagSafe dan Qi2 juga didukung. IPhone 15 dan 15 Plus mendukung Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.3.

Harga model iPhone 15 tetap sama dengan model sebelumnya, dengan perangkat standar 6,1 inci mulai dari 799  dolar AS (Rp 12,26 juta) dan iPhone 15 Plus 6,7 inci mulai dari 899 dolar AS (Rp 13,8 juta).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement