Kamis 08 Nov 2012 00:48 WIB

MIPS Tantang Dominasi Prosesor ARM

Proseor ARM
Proseor ARM

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Persaingan prosesor ARM di segmen prosesor perangkat komunikasi genggam, baik ponsel pintar maupun tablet, akan semakin ketat setelah perusahaan Imagination Technologies membeli perusahaan semikonduktor MIPS.

Imagination Technologies, produsen prosesor grafis PowerVR, sepakat membeli desainer unit prosesor sentral (CPU) Microprocessor without Interlocked Pipeline Stages (MIPS) sebesar 60 juta dolar AS.

The Verge menyebut akuisisi MIPS oleh Imagination seperti pembelian ATI Technologies oleh AMD, tapi untuk perangkat-perangkat tertanam dan komunikasi bergerak (mobile).

Prosesor grafis (GPU) Imagination, yang digunakan dalam iPhone dan iPad Apple,  sebelumnya berkolaborasi dengan prosesor berbasis ARM.

Tapi, ARM mengancam akan mencuri konsumen grafis dengan menanamkan GPU Mali miliknya ke produk-produk Samsung seperti tablet Google Nexus 10.

"Kombinasi bisnis semestinya mampu menciptakan pemimpin baru industri di CPU dan pada dasarnya akan menciptakan pilihan kepada rekan-rekan baik kami di Cambridge," kata Pemimpin Eksektutif Imagination, Hossein Yassaie, yang mengacu ke ARM seperti dikutip Reuters.

Imagination mengatakan akan merekrut 160 teknisi dan 82 paten agar menjadi pemain kuat di pasar CPU bagi produk-produk router, modem, dan konsol game.

Perusahaan itu juga akan memperoleh lisensi 498 paten lain jika membelinya dari konsorsium perusahaan teknologi yang dipimpin ARM seharga 350 juta dolar AS.

MIPS merupakan produsen pionir prosesor grafis 32 bit dan 64 bit selain pengembang teknologi pemutar blu-ray, televisi digital, dan konsol video game seperti PlayStation 2 Sony.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement