Rabu 29 Aug 2012 08:29 WIB

HTC Desire VC: Penambah Pede Pengguna CDMA (2)

HTC Desire VC
HTC Desire VC

REPUBLIKA.CO.ID,

REPUBLIKA.CO.ID, Dual simcard on GSM-CDMA memang menjadi daya tarik sekaligus kelebihan HTC Desire VC. Apalagi untuk CDMA ia telah mendukung layanan berplatform EVDO Rev A dengan kecepatan hingga 3.1 Mbps.

HTC Desire VC sebenarnya masuk kategori mid end untuk ukuran HTC. Namun diluar keluarga HTC--apalagi di ranah CDMA--, ia memang layak disebut sebagai smartphone premium. Dari sisi desain, smartphone candy bar ini terkesan ramping dan mewah.

Sekalipun tidak memiliki lekukan--seperti saudara kembarnya HTC Desire V, display 3.7 inci dengan gorilla glass dengan two tone yang dibenamkan makin menonjolkan kesan premium. Ia memang bukan smartphone entry level. Bila desain dan teknologi jaringan dilepaskan, HTC Desire VC memang kembar identik dengan HTC Desire V.

Sistem operasi Android ICS menawarkan user interface yang unik. Secara default ICS menyediakan lima ikon aplikasi. Ikon default bisa diganti-ganti. Ia bahkan bisa diseret ke satu folder--termasuk kontak atau speed dial-- di desktop seperti yang ada di iOS. Satu folder bisa menyimpan sejumlah ikon aplikasi.

ICS menawarkan display hingga lima layar. Masing-masing layar bisa diisi dengan widget atau ikon aplikasi sesuai kebutuhan. Pada satu layar bisa diseting satu folder kontak yang paling populer atau sering digunakan, lengkap dengan profilnya.

Pada layar lain, pengguna bisa menampilkan agenda yang detil. Satu layar penuh bisa digunakan semacam memo atau catatan untuk agenda. Besar atau kecilnya space yang dibutuhkan bisa diatur dengan mudah.

Memiliki display 4 inci WVGA dengan resolusi 480x800 piksel, layar sentuh kapatitifnya enak digunakan. Cukup dengan sentuhan lembut untuk mengoperasikannya. Hal yang sama berlaku untuk pengetikan di papan qwerty virtual.

Memiliki uukuran 119.5 x 63.3 x 9.42 milimeter dengan bobot 118 gram ia enak digenggam. Bagi yang suka menyimpan ponsel di saku baju atau celana, mungkin cocok. Selain ramping, corning glassnya melindungi display dari goresan atau debu.

Kinerja HT Desire VC didukung prosesor Qualcomm MSM8255 Snapdragon 1 GHz dan GPU Adreno 205. Didukung dengan teknologi Sense 4 smartphone ini nyaman digunakan untuk berbagai kebutuhan. Termasuk untuk multitasking.

Smartphone dengan 512 MB RAM ini memiliki memori internal 4 GB. Ia bisa ditambah kapasitasnya dengan menggunakan Micro SD hingga 32 GB.    

        

Ia mampu menghadirkan grafis yang optimal, baik yang bersifat statis maupun dinamis. Saat memainkan game, misalnya. Seperti bermain menggunakan game console portabel. Didukung dengan display WVGA 480x800p, ia mampu menghadirkan tampilan yang memikat.

Menikmati video juga enak. Demikian pula dengan streaming. Dukungan teknologi jaringan 3G yang dibenamkan, bila kondisi jaringan bagus, menikmati YouTube sangat nyaman. Tak hanya tampilan di display, namun juga audionya yang mampu mendeliver suara yang mumpuni.

Beats Audio menjadi nilai lebih yang lain. Dari sisi kualias audio, peranti ini akan memberikan pengalaman baru bagi pengguna smartphone kelas menengah. Beats Audio menghadirkan audio yang banyak dijumpai di smartphone premium.

Tak hanya menghadirkan suara yang utuh--pada volume maksimal--, teknologi ini juga menghadirkan suara yang jernih dan detil. Kualitas suara ini bisa dinikmati menggunakan earphone bawaan. Kualitas yang lebih baik lagi bisa dinikmati bila menggunakan headset.

Memiliki kamera 5 mega piksel dengan LED Flash, ia menjadi menarik karena didukung berbagai fitur. Seperti 2.0 wide aperture. Ia akan membantu proses pengambilan foto pada cahaya lemah ( low light) atau cahaya (back light). Mengambil video juga menyenangkan. Sekalipun baru mendukung format 720p, hasil videonya cukup menyenangkan.

Tak kalah menariknya adalah baterai. HTC membenamkan baterai 1650 mAh. Cukup memadai untuk ponsel CDMA yang dikenal memang boros energi, utamanya di titik-titik yang sinyalnya lemah.

Spesifikasi

2G Network    GSM 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 / CDMA 800 / 1900 - SIM 2

Dimension    119.5 x 62.3 x 9.5 mm

Weight    119 g

Type    Capacitive touchscreen, 16M colors

Size    480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density)

3,5mm jack    Yes

GPRS    Yes

EDGE    None

3G    CDMA2000 1xEV-DO

WLAN    Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, DLNA

Bluetooth    Yes, v3.0 with A2DP

USB    Yes, microUSB v2.0

Colors    Black, White

Radio    Stereo FM radio with RDS

Primary    5 MP, 2592?1944 pixels, autofocus, LED flash

Operating System    Android OS, v4.0 (Ice Cream Sandwich)

CPU    Qualcomm MSM7227A Snapdragon 1 GHz Cortex-A5

Battery    Standard battery, Li-Ion 1650 mAh

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement