Jumat 11 May 2012 01:35 WIB

Facebook App Center bukan 'Musuh' Toko Apple dan Google

Facebook App Center
Foto: Metro.co.uk
Facebook App Center

REPUBLIKA.CO.ID, INGGRIS - Facebook siap meluncurkan toko aplikasi App Center dalam beberapa minggu kedepan. Kehadirannya terkesan menyaingi toko online popular yang sudah ada seperti App Store milik Apple dan Google Play. Namun, Facebook mengindikasikan tidak mengusung niat itu.

Hal ini diungkapkan Aaron Brady, Divisi Mobile App Center Facebook, dalam blog resmi Facebook, Kamis (10/5) waktu setempat. 

"App Center didesain untuk menumbuhkan aplikasi yang menggunakan Facebook, baik yang berada di iOS, Android, atau mobile web," kata dia, seperti dikutip BBC, Kamis. 

"Dari App Center versi mobile, pengguna dapat memilih aplikasi yang kompatibel dengan perangkat mereka, dan jika sebuah aplikasi mobile membutuhkan instalasi, mereka akan dikirim untuk mengunduh aplikasi tersebut dari App Store atau Google Play."

Namun tidak semua aplikasi di Google Play dan App Store dapat diakses via App Center. Facebook telah menentukan sejumlah syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, dimana salah satunya adalah login di aplikasi harus melalui akun Facebook.

Dalam waktu dekat Facebook berkata para pengembang juga bisa menarik keuntungan dari aplikasi buatan mereka yang dijajakan di sana. Namun, Facebook disebut sebut akan meminta "jatah" sebesar 30 persen dari nilai transaksi.

"Para pengembang sebaiknya mulai bersiap siap saat ini untuk memastikan aplikasi mereka disertakan dalam peluncuran," ungkap Aaron.

sumber : BBC
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement