Ahad 22 Jan 2012 08:07 WIB

Glonass Bergabung, Presisi dan Akurasi GPS akan Meningkat Hingga 50 Persen?

GPS Sony Ericsson
GPS Sony Ericsson

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Satu vendor satelit untuk GPS rupanya dinilai belum cukup. Sony Ericsson menggandeng vendor asal Rusia untuk memperkaya layanan satelit. Glonass akan menjadi fituir baru di semua smartphone Sony Ericsson.

Layanan GPS Glonass  didukung oleh 24 satelit. GPS yang ada--yang dikelola vendor AS--, didukung oleh 31 satelit. Dengan semakin banyak satelit diharapkan kinerja GPS juga semakin baik dan optimal.

Sony menggandeng Qualcoom dalam melakukan sinergi dua sistem GPS ini. Hasilnya, sinergi keduanya mampu meningkatkan akurasi dan presisi hingga 50 persen.

SEperti ditulis The Verge, ukungan dua vendor, menjadikan layanan GPS Sony Ericsson akan semakin baik lagi. Glonasspun akan menjadi fitur built in di produk Sony Ericsson terbaru, seperti Xpresia S dan Xperia Ion.

Sebelumnya, Sony Ericsson membenamkan fitur ini pada Xperia arc, Xperia arc S, Xperia ray, Xperia neo, Xperia pro, Xperia PLAY, Xperia active dan Live with Walkman. Selanjutnya semua ponsel Sony Ericsson akan dilengkapi dengan GPS Glonass.

Sejumlah vendor ponsel seperti Nokia, Samsung, Motorola dan Apple juga membenamkan Glonass pada produk tertentu.  Motorola membenamkan Glonass pada Droid RAZR, sementara Apple pada iPhone 4S. Diperkirakan Glonass akan dibenamkan di semua smartphone terbaru mereka.

Teknologi Glonass menawarkan berbagai kemudahan, antara lain kenyamanan akses pada GPS, karena memiliki kecepatan yang tinggi, juga kenyamanan pada saat berada di gedung tingi. Dalam banyak kasus GPS tak berfungsi pada saat diaktifkan di gedung jangkung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement