Rabu 13 Sep 2023 03:28 WIB

Cara Mudah Setop GPS dari Aplikasi yang Diinstal

Ada cara agar lokasi bisa dimatikan sehingga privasi pengguna bisa terjaga.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Mematikan GPS mungkin cukup mudah dilakukan di perangkat, dan bisa menjadi salah satu cara menjaga privasi./ilustrasi
Foto: VOA
Mematikan GPS mungkin cukup mudah dilakukan di perangkat, dan bisa menjadi salah satu cara menjaga privasi./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pengguna ponsel pasti memiliki banyak aplikasi dalam ponselnya itu, dan biasanya meminta pengguna untuk mengaktifkan lokasi. Namun, ada cara agar lokasi bisa dimatikan sehingga privasi pengguna bisa terjaga.

Mematikan GPS mungkin mudah dilakukan lewat bayangan notifikasi. Namun, meskipun mematikan GPS di latar depan, layanan lokasi masih dapat berjalan melalui Wi-Fi atau Bluetooth, artinya kita masih bisa dilacak.

Baca Juga

Dilansir dari Android Police, Selasa (12/9/2023), mematikan GPS mungkin cukup mudah dilakukan di perangkat, dan bisa menjadi salah satu cara menjaga privasi. Berikut ini adalah cara mematikan GPS, jadi pengguna akan mendapatkan banyak privasi yang diinginkan.

• Tarik ke bawah bayangan notifikasi di ponsel Android dan tekan lama ikon Lokasi.

• Ketuk Pemindaian Wi-Fi dan Bluetooth. Kita akan melihat opsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan layanan pemindaian Wi-Fi dan layanan pemindaian Bluetooth. Ketuk tombol di samping kedua layanan untuk mematikan pelacakan lokasi untuk fitur ini.

• Setelah melakukan itu, kembali ke layar Lokasi dan ketuk tombol sakelar di sebelah Lokasi untuk mematikannya.

• Semua layanan lokasi yang disediakan melalui GPS kini telah dinonaktifkan.

 

Kemudian, pada tahap awal perangkat lunak Android, aplikasi yang menggunakan layanan lokasi juga perlu dinonaktifkan melalui pengaturan dalam aplikasi. Dengan versi Android 13.1, hal itu telah berubah.

Sekarang, pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pengaturan lokasi menggunakan Izin Aplikasi, sebuah fitur yang memungkinkan pengguna mengontrol apa yang dapat diakses oleh setiap aplikasi. Ini berarti kita bisa mencegah aplikasi yang lebih sensitif untuk melacak lokasi, begini cara melakukannya.

• Buka aplikasi yang ingin diubah izinnya dan tekan lama untuk mengakses panel opsi kecil.

• Ketuk ikon Info aplikasi.

• Ketuk Izin untuk mengakses izin telepon aplikasi. Maka akan terlihat daftar izin yang dibagi menjadi dua bagian: Diizinkan dan Tidak diizinkan. Di bagian Diizinkan, klik Lokasi.

• Di bawah Akses Lokasi Untuk Aplikasi Ini, pilih Jangan izinkan. Pelacakan lokasi berhenti sampai pengguna mengizinkannya untuk diaktifkan kembali.

 

Hal tersebut dapat dilakukan dengan aplikasi apa pun yang dapat mengakses lokasi, jadi tidak ada batasan pada aplikasi tertentu. Untuk mematikan pelacakan di semua aplikasi, termasuk aplikasi sistem berbasis Google, berikut ini caranya.

• Buka pengaturan ponsel, lalu pilih Keamanan & Privasi.

• Gulir ke bawah dan pilih tab Privasi, lalu ketuk Manajer izin​​​​​.

• Ketuk Lokasi. Dari sini, kita akan melihat daftar aplikasi yang dapat mengakses lokasi. Mereka dibagi menjadi tiga bagian: Diizinkan sepanjang waktu, Diizinkan hanya saat sedang digunakan, dan Tidak diizinkan. Pilih aplikasi di salah satu dari dua bagian pertama untuk mengakses izin lokasinya.

• Di bawah Akses Lokasi Untuk Aplikasi Ini, pilih Jangan izinkan. Aplikasi dimatikan dari layanan pelacakan lokasi.

• Lakukan ini hingga setiap aplikasi diturunkan ke kategori Tidak diizinkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement