Rabu 06 Apr 2011 19:17 WIB

Aquos Quattron: Empat Teknologi Baru Jadi Andalan Utama

Aquos Quattron 3D TV
Aquos Quattron 3D TV

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA-- Televisi LED Sharp terbaru, Aquos Quattron, masuk juga ke pasar Indonesia. Sharp Indonesia menawarkan empat pilihan untuk televisi generasi baru ini, yakni 40 inci, 46 inci, 52 inci dan 60 inci.

Kehadiran televisi LCD 3D berukuran 40-an inci, tampaknya menjadi fenomena baru. Pasalnya televisi kategori ini umumnya memiliki layar lebar.

 

"Kami ingin memperluas pasar 3D TV dengan memperkenalkan ukuran televisi yang lebih kecil sehingga lebih terjangkau di kalangan konsumen,"  Kata General Manager Marketing SEIN, Herdiana Anita  saat peluncuran Aquos Quattros 3D TV di Jakarta Rabu (6/4).

LED terbaru Sharp mengusung berbagai teknologi baru, paling tidak ada empat teknologi unggulan yang diusung Sharp untuk LED TV nya ini.

Yakni Quad Pixel Plus atau teknologi empat warna. Melalui teknologi ini dilakukan pengayaan warna dengan  menambahkan warna kuning ke dalam tiga warna dasar merah, hijau dan biru (RGB), sehingga warna yang dihasilkan lebih solid dan kaya.

 

Masih soal warna, Sharp juga membenamkan teknologi UV2A (Ultra Violet Vertical Alignment) pada panel televisi yang menghasilkan triliunan warna dibandingkan televisi konvensional yang hanya memiliki jutaan warna.

Selanjutnya FRED (Frame Rate Enhanced Driving). Pada televisi 3D konvensional menggunakan dua baris sinyal. UV2A memungkinkan respon tinggi dengan hanya menggunakan satu baris sinyal dengan drive berkecepatan tinggi. Hal ini akan mengurangi kabel dan komponen di panel dan meningkatkan efisiensi penggunaan cahaya, dengan konsumsi daya yang rendah.

Ke empat adalah Side-mount Scanning LED Backlight Technology. Teknologi ini mampu mengurangi crosstalk pada televisi 3D, selain drive ganda bingkai dan teknologi pemindaian kecepatan ganda. Teknologi ini membatasi crosstalk yang mengurangi optical perception images dengan menggunakan kontrol cahaya on / off kecepatan tinggi dan drive yang terpisah.

Sharp juga menjawab kekurangan pada teknologi televisi 3D yaitu kendala Insufficient Brigthness karena tingkat kecerahan TV 3D jauh lebih gelap dari TV 2D yang disebabkan pemakaian kacamata.  Juga kendala Crosstalk yang terjadi ketika gambar untuk mata kiri dan gambar untuk mata kanan tumpang tindih, Lower Vividness  yaitu gambar 3D mengurangi kedalaman dan ketajaman nuansa TV.

Tertarik?. Untuk ukuran 40 inci, Sharp mematok harga mulai dari Rp 16 juta. Sementara untuk ukuran 46 inci adalah Rp27 juta, 52 inci Rp38 juta dan 60 inci mencapai Rp 55 juta.

"Mengingat teknologi yang diusung televisi ini, menurut kami harga yang kami tetapkan masih cukup kompetitif," kata Herdiana. Sharp berharap bisa menjual hingga 1000 unit Aquos Quattron 3D TV setiap bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement