Kamis 13 May 2010 05:00 WIB

ErrMsg, Aplikasi Ringan Pemecah Kode Eror di Windows

Rep: Cr2/berbagai sumber/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Tampilan Pemecah Kode Eror Windows (Error Message Lookup)
Tampilan Pemecah Kode Eror Windows (Error Message Lookup)

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA--Pengguna sistem operasi Windows tentu kerap melihat kemunculan kode eror dengan angka-angka. Kadang, kode seperti "0×80070570", cukup mengganggu apalagi sebagian besar--bila tak bisa dibilang seluruh--pengguna Windows bingung apa maksud kode tersebut. Padahal,  setiap pesan erorr mengandung arti dan solusi yang harus dilakukan.

Bila ditelisik, kode eror diciptakan Microsoft untuk mempersingkat pesan tipe kesalahan yang mungkin terlalu panjang dijelaskan dengan kata-kata. Itu terkait pada arti dan solusi yang harus dilakukan ketika pesan erorr muncul.

Lantas bagaimana mengetahui arti kode? Dalam perkembangannya, aplikasi khusus pemecah kode pesan eror windows banyak variasinya di dunia maya. Aplikasi yang patut direkomendasikan adalah Error Messages For Windows atau yang disingkat dengan ErrMsg.

ErrMsg adalah sebuah aplikasi mini yang bisa mengetahui pesan apa yang tersirat dalam kode-kode tersebut. Dibilang mini, lantaran filenya hanya berukuran 364 kb sehingga begitu diunduh dari Internet langsung bisa digunakan tanpa perlu diinstall. Aplikasi itu pun gratis, bisa didapat di berbagai situs penyedia freeware, salah satunya Softpedia

 

Cara pengoperasiannya pun cukup mudah, ketika pesan error muncul di Windows, cukup masukkan kode kemudian klik tombol yang ada, kemudian akan muncul arti dari kode tersebut. Aplikasi ErrMasg ini bisa digunakan untuk semua versi Windows baik di 32-bit maupun 64-bit (Windows 7).

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement