Sabtu 09 Mar 2024 09:30 WIB

Pengeras Suara Masjid Disarankan 100 Desibel, Seberapa Keras Itu?

Seberapa jauh seseorang dapat mendengar suara 100 dB bergantung pada frekuensi suara.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Pengeras suara masjid. Masjid diimbau membatasi pengeras suaranya maksimal hanya 100 desibel.
Foto:

Berapa lama seseorang dapat mendengarkan 100 dB?

Semakin keras dan berpotensi berbahaya suatu suara, semakin Anda harus membatasi paparan terhadap suara tersebut. Secara khusus, Anda harus membatasi paparan terhadap suara di atas 70 dB hingga 24 jam dan suara di atas 85 dB hingga delapan jam . 

Jika suara mencapai tingkat 100 dB, waktu paparan maksimum yang disarankan adalah 15 menit. Peningkatan suara tersebut hanya sebesar tiga dB (hingga 103 dB) mengurangi waktu paparan maksimum yang disarankan menjadi hanya 7,5 menit. 

Seberapa jauh seseorang dapat mendengar suara 100 dB bergantung pada frekuensi suara, bagaimana kebisingan menyebar seiring dengan perjalanan suara,  dan ada tidaknya penghalang antara suara dan pendengar yang dapat meredam suara. 

Semakin jauh Anda dari sumber suara, intensitas suara tersebut akan semakin berkurang dan semakin sedikit keras yang Anda rasakan. Faktanya, setiap kali jarak Anda dari sumber menjadi dua kali lipat, suara berkurang sebesar enam dB. 

Jika bunyi pada sumbernya 100 dB, maka bunyinya menjadi 94 dB pada jarak satu meter, 88 dB pada jarak dua meter, dan seterusnya. Oleh karena itu, biasanya Anda dapat mendengar suara 100 dB pada jarak maksimal 16 meter. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement