Ahad 28 Jan 2024 13:43 WIB

Friendster Si Pendahulu Facebook Comeback, Foto Alay Bisa Kembali?

Friendster pertama kali muncul pada 2002.

Rep: Santi Sopia / Red: Friska Yolandha
Tangkapan layar website Friendster.
Foto:

Sejarah Friendster

Friendster didirikan oleh seorang programmer asal Kanada, Jonathan Abrams pada tahun 2002. Platform ini hdir sebelum MySpace (2003), Hi5 (2004), Facebook (2004) dan situs jejaring sosial lainnya. Friendster.com mulai aktif pada tahun 2003 dan diadopsi oleh tiga juta pengguna dalam beberapa bulan pertama.

Friendster adalah salah satu situs pertama yang mencapai lebih dari satu juta anggota, meskipun didahului oleh beberapa situs jejaring sosial kecil lainnya seperti SixDegrees.com (1997) dan Makeoutclub (1999).

Friendster pernah menjadi jejaring sosial paling dihemari di zaman-nya. Namun, ketidakmampuan untuk memenuhi permintaan pengguna dan kebangkitan Facebook dinilai telah menumbangkan situs tersebut.

Tahun 2002 menandai era jejaring sosial dengan situs-situs seperti Friendster, Myspace, HI5, dan Orkut, semuanya bersaing untuk menjadi raja jejaring sosial. Banyak yang mengira Friendster telah memenangkan perlombaan. Namun, dengan berdirinya Facebook pada tahun 2004, klaim Friendster atas takhta menjadi kabur dan kisahnya berubah menjadi kelam.

Pada bulan Oktober 2023, situs tersebut diaktifkan kembali dengan replika laman beranda Friendster awal, tetapi sekarang berisi kotak entri untuk alamat email dan tombol untuk "Bergabung dengan daftar tunggu". Tidak diketahui siapa yang kini menguasai domain Friendster atau kekayaan intelektualnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement