Jumat 26 Jan 2024 15:04 WIB

Pesawat SLIM milik Jepang Berhasil Mendarat di Bulan dengan Tepat 

SLIM mendarat dalam jarak 100 meter dari lokasi pendaratan yang dipilih.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Friska Yolandha
Perwakilan Badan Eksplorasi Dirgantara (JAXA) mengungkapkan Smart Lander for Investigating Moon (SLIM) melakukan pendaratan yang aneh namun tepat di bulan.
Foto: JAXA
Perwakilan Badan Eksplorasi Dirgantara (JAXA) mengungkapkan Smart Lander for Investigating Moon (SLIM) melakukan pendaratan yang aneh namun tepat di bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perwakilan Badan Eksplorasi Dirgantara (JAXA) mengungkapkan Smart Lander for Investigating Moon (SLIM) melakukan pendaratan yang aneh namun tepat di bulan. Berbicara pada konferensi pers pada Kamis (25/1/2024), para ilmuwan JAXA mengatakan bahwa SLIM telah mendarat dalam jarak 100 meter dari lokasi pendaratan di bulan yang dipilih pada 19 Januari. 

Ia menyelesaikan misi utamanya untuk melakukan pendaratan tepat. “Kami membuktikan bahwa Anda dapat mendarat di mana pun Anda inginkan, bukan di tempat yang Anda mampu,” kata manajer proyek SLIM Shinichiro Sakai pada konferensi pers, menurut Reuters, dilansir Space, Jumat (26/1/2024).

Baca Juga

“Ini akan menginspirasi lebih banyak orang, khususnya misi-misi Jepang untuk mencoba mendarat di tempat-tempat  yang belum dijelajahi di bulan,” ujarnya. 

SLIM, yang dijuluki “penembak jitu bulan”, menandai peningkatan-peningkatan yang signifikan dalam hal ketepatan pendaratan jika dibandingkan dengan wahana penjelajah bulan sebelumnya, yang ditempatkan dalam jarak beberapa mil dari lokasi targetnya, bukan beberapa meter. 

JAXA mengatakan pendaratan ini dapat membantu memvalidasi navigasi berbasis penglihatan yang digunakan oleh SLIM, yang dapat menjadi alat yang ampuh untuk eksplorasi permukaan bulan di masa depan. 

“Fakta bahwa kami mampu mencapai akurasi kurang dari 10 meter, mungkin dalam jarak tiga hingga empat meter, merupakan pencapaian yang sangat signifikan untuk eksplorasi-eksplorasi bulan di masa depan,” kata Sakai, menurut Japan Times

Gambar SLIM yang diambil oleh robot penjelajah Lunar Exploration Vehicle-2 atau SORA-Q berukuran bisbol, yang dilepaskan oleh pesawat ruang angkasa sesaat sebelum mendarat, mengungkapkan bahwa untuk mencapai pendaratan yang tepat ini, SLIM turun dengan memutar 90 derajat, efektif mendarat di ujung hidungnya. 

Japan Times melaporkan bahwa Sakai menjelaskan bahwa para ilmuwan JAXA percaya bahwa pendaratan SLIM yang berorientasi aneh terjadi sebagai akibat dari salah satu dari dua mesin utamanya berhenti selama 30 detik atau lebih saat mendarat dan pada ketinggian sekitar 50 meter di atas bulan. 

Japan Times menambahkan bahwa Sakai mengatakan hilangnya mesin tersebut adalah akibat dari “faktor eksternal” yang dirahasiakan. Dia juga menuturkan bahwa kamera telah menangkap nosel mesin yang tergeletak di permukaan bulan. Tim terus menganalisis penyebab kegagalan ini. 

Kegagalan mesin ini menyebabkan....

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement