Rabu 10 Jan 2024 08:30 WIB

Mengenal Gemini, Platform Generative AI Baru Google

Gemini hadir dalam tiga tipe yang menawarkan berbagai kemudahan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Gambar ilustrasi menunjukkan ponsel menampilkan logo Open AI dan GPT Obrolan Microsoft Corporation di atas layar yang menampilkan huruf Google Gemini, di Los Angeles, AS, 11 September 2023.
Foto:

Mudahnya, Gemini merupakan sebuah model generative AI seperti halnya GPT-3.5 atau GPT-4. Di sisi lain, Bard merupakan "klien" yang bisa memanfaatkan model-model bahasa layaknya ChatGPT yang menggunakan GPT-3.5 atau GPT-4.

Mengingat model dari Gemini adalah multimodal, platform ini bisa mengerjakan beragam tugas yang diberikan. Sebagian di antaranya adalah mentranskripsi ucapan menjadi teks, memberikan teks pada gambar dan video, hingga menghasilkan karya seni, seperti dilansir TechCrunch pada Selasa (9/1/2024). Google juga menjanjikan bahwa beragam keterampilan Gemini ini akan memasuki tahap produk dalam waktu dekat.

Apakah Gemini Lebih Baik dari GPT-4?

Pertanyaan ini tampaknya belum bisa terjawab sampai Google merilis Gemini Ultra. Akan tetapi, Google mengklaim bahwa mereka telah melakukan sejumlah perbaikan pada Gemini.

Google juga sempat mengklaim bahwa Gemini Ultra mampu menghasilkan benchmark akademik yang lebih tinggi pada 30 dari 32 benchmark akademik umum yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan Model Bahasa Besar atau LLM.

Selain itu, Google juga mengklaim bahwa Gemini Pro memiliki keterampilan yang lebih baik dalam sejumlah bidang bila dibandingkan dengan GPT-3.5. Google mengklaim bahwa Gemini Pro lebih unggul dalam hal merangkum konten, brainstorming, dan menulis.

Untuk saat ini, Gemini Pro bisa digunakan secara gratis melalui Bard, AI Studio, serta Vertex AI. Namun setelah Gemini Pro keluar dari pratinjau Vertex, orang-orang dapat mengakses Gemini Pro dengan biaya 0,0025 dolar AS (sekitar Rp 38,8) per karakter. Sedangkan untuk menghasilkan sesuatu dengan Gemini Pro akan dikenakan biaya sebesar 0,00005 dolar AS (sekitar Rp 0,78) per karakter.

 

Sebagai contoh, artikel yang terdiri dari 500 kata memiliki 2.000 karakter. Untuk merangkum artikel ini dengan Gemini Pro, pengguna perlu membayar 5 dolar AS (Sekitar Rp 77.690). Sedangkan untuk menghasilkan tulisan dengan jumlah kata atau karakter yang sama, pengguna perlu membayar 0,1 dolar AS (Rp 1.553,8). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement