Selasa 09 Jan 2024 07:34 WIB

Celestron Luncurkan Teleskop AI di CES 2024

Celestron dapat jadwalkan pengamatan bintang dan memilih objek yang ingin ditemukan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Logo Celestron. Sebuah teleskop yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang terhubung dengan aplikasi dan ponsel, Celestron Origin telah diluncurkan perusahaan Celestron di CES 2024
Foto: Celestron

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah teleskop yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan (AI) yang terhubung dengan aplikasi dan ponsel, Celestron Origin telah diluncurkan perusahaan Celestron di CES 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat (AS). Teleskop ini dilengkapi dengan panjang fokus 335 mm (tingkat pembesaran Anda sebagian ditentukan oleh ini) dan sensor CMOS Sony IMX178 6,4 MP baru.

Berkat hal tersebut Celestron Origin mampu menghasilkan beberapa gambar astral yang luar biasa.

Namun, dilansir Techradar, Selasa (9/1/2024), optik yang bagus saja tidak akan membuat tabung sepanjang dua kaki atau 60,96 cm menonjol. Teknologi digital, AI, dan otomasilah yang seharusnya memikat sebagian besar pengamat bintang amatir, terutama mereka yang belum pernah mencoba menggunakan teleskop.

Teleskop mandiri yang dioperasikan dengan baterai (ada dukungan AC juga) dikendalikan dengan aplikasi yang kompatibel dengan iOS dan Android, bukan dengan pandangan Anda dan dengan mengutak-atik kendali halus.

Celestron Origin mengetahui lebih banyak tentang langit malam daripada Anda, dan dapat menangani penyelarasan, fokus, lokasi, dan identifikasi objek langit malam, serta melacak apa yang ingin Anda lacak.

Celestron Origin menawarkan pendekatan yang berbeda. Ini memungkinkan Anda menjadwalkan pengamatan bintang, memilih terlebih dahulu objek mana yang ingin Anda temukan dan lacak, dan Anda dapat menonton apa yang, ditemukannya di iPhone dari kenyamanan sofa Anda. Celestron juga menyarankan agar Anda dapat dengan mudah mencerminkan detail aplikasi ke TV layar lebar favorit Anda.

Ini memang terdengar seperti cara baru untuk mendalami astronomi, dengan semua manfaat melihat planet-planet jauh dari dekat tanpa rasa frustasi seperti teleskop pada umumnya. Celestron mencatat bahwa proses gambar AI teleskop “benda langit dari luar angkasa ke ponsel cerdas Anda,” tetapi tidak jelas apakah sistem tersebut menggunakan AI untuk menyempurnakan gambar, atau hanya untuk menemukan bintang, planet, dan konstelasi dengan lebih cepat dan akurat.

Kecerdasan Celestron ditenagai....