Senin 08 Jan 2024 17:36 WIB

Musim Hujan Diprediksi Berakhir di Januari 2024, Benarkah?

Pada Februari, hujan di wilayah Indonesia masih berada di kategori menengah.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Longsor terjadi di pinggir Jalan Sersan Bajuri, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.
Foto:

Di sisi lain, BMKG akan terus melakukan pemantauan kondisi cuaca secara berkelanjutan setiap saat. Pemantauan ini dilakukan sebagai langkah antisipasi potensi dampak cuaca ekstrem.

Namun berdasarkan analsiis meteorologis terkini, pada Senin (8/1/24), BMKG menemukan bahwa dalam sepekan ke depan terdapat fenomena dinamika atmosfer yang masih aktif di wilayah Indonesia. Fenomena dinamika atmosfer yang masih aktif ini dapat memicu potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah. Berikut ini adalah potensi-potensinya:

  1. Penguatan monsun Asia Musim Dingin dapat meningkatkan massa udara basah di wilayah Indonesia.
  2. Fenomena MJO yang masih aktif di wilayah Indonesia dalam sepekan ke depan dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan hujan.
  3. Pembentukan sirkulasi angin di wilayah selatan ekuator dapat menyebabkan terjadinya belokan dan perlambatan angin di sekitar Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi sehingga menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan menjadi lebih intens.

Berkenaan dengan temuan ini, BMKG juga memberikan sejumlah imbauan kepada masyarakat. Berikut ini adalah imbauan dari BMKG:

  1. BMKG menghimbau kepada masyarakat dan instansi terkait agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang hingga sepekan ke depan
  2. Khusus untuk daerah bertopografi curam/bergunung/tebing atau rawan longsor dan banjir agar tetap waspada terhadap dampak yang ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang dan berkurangnya jarak pandang
  3. Informasi prakiraan dan peringatan dini cuaca yang lebih detail untuk potensi hujan lebat hingga level kecamatan dapat diakses lebih lengkap di apps @InfoBMKG dan laman https://bmkg.go.id

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement