Kamis 28 Dec 2023 01:08 WIB

Dari IRAS ke Webb, Ini Evolusi Luar Biasa Teleskop Inframerah NASA

NASA merayakan dua tahun peluncuran Teleskop Luar Angkasa James Webb.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Friska Yolandha
Gambar kombinasi ini disediakan oleh NASA pada hari Rabu, 19 Oktober 2022, menunjukkan Pilar Penciptaan seperti yang dicitrakan oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble NASA pada tahun 2014, kiri, dan oleh Teleskop James Webb NASA, kanan. Tampilan cahaya inframerah-dekat baru dari Teleskop Luar Angkasa James Webb membantu kita mengintip lebih banyak debu di wilayah pembentuk bintang, menurut NASA.
Foto:

Pengamatan selanjutnya oleh Spitzer menunjukkan bahwa piringan tersebut memiliki dua bagian (wilayah luar yang dingin dan wilayah dalam yang hangat) dan mengungkapkan lebih banyak bukti keberadaan planet.

Banyak teleskop lain, termasuk Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA, yang telah mempelajari Fomalhaut, dan awal tahun ini, gambar dari Webb memberi para ilmuwan pandangan paling jelas tentang struktur piringan tersebut.

Webb mengungkapkan dua cincin batu dan gas yang sebelumnya tidak terlihat di piringan bagian dalam. Menggabungkan karya teleskop dari generasi ke generasi membuat kisah Fomalhaut menjadi lebih jelas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement