Kamis 19 Oct 2023 05:28 WIB

Waspadalah, BMKG: Cuaca Ekstrem, Hujan Lebat, dan Angin Kencang Melanda Indonesia

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca terkait dengan kondisi cuaca ekstrem yang dapat terjadi pada Kamis (19/10/2023)./Ilustrasi
Foto:

Selain itu, daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya terpantau di beberapa wilayah, termasuk Sumatra Utara, perairan Kepulauan Riau, Laut Natuna, Laut Cina Selatan barat Kalimantan, Kalimantan Barat, Papua Barat, dan Papua bagian tengah. Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Peningkatan kecepatan angin melebihi 25 knot juga telah terpantau di Laut Jawa dan Samudera Hindia sebelah selatan Jawa Tengah, yang dapat meningkatkan ketinggian gelombang di wilayah perairan sekitarnya.

 

Labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal juga ditemukan di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement