Selasa 17 Oct 2023 16:24 WIB

Cek Kemampuan, Ini 10 Formula Microsoft Excel yang Paling Sering Digunakan

Ada lebih dari 475 rumus atau formula di Microsoft Excel.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Untuk keperluan analisis dan pelaporan data, bisa dibilang penggunaan Microsoft Excel sangat diperlukan.
Foto: Unsplash
Untuk keperluan analisis dan pelaporan data, bisa dibilang penggunaan Microsoft Excel sangat diperlukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk keperluan analisis dan pelaporan data, bisa dibilang penggunaan Microsoft Excel sangat diperlukan. Ada lebih dari 475 rumus atau formula di Microsoft Excel, dan menguasai itu sangat penting bagi siapa pun yang bekerja dengan data. 

Memang mustahil bisa menghafal semuanya. Namun, setidaknya pengguna perlu mengetahui 10 rumus yang paling sering dipakai. Formula ini penting untuk melakukan berbagai macam tugas penghitungan dan analisis data, dikutip dari laman GizChina, Selasa (17/10/2023).

Baca Juga

 

1. SUM

Fungsi rumus SUM adalah untuk penjumlahan data di rentang sekelompok sel. Pilih satu sel untuk tempat kemunculan hasil, lalu ketik "=SUM(rentang sel yang ingin dijumlahkan datanya)". Misalnya, "=SUM(A1:A10)" akan menjumlahkan nilai di sel A1 hingga A10.

 

2. AVERAGE

Rumus AVERAGE menghitung rata-rata nilai dalam rentang sel. Untuk menggunakan rumus ini, pilih satu sel lalu ketikkan "=AVERAGE(rentang sel yang ingin diketahui rata-ratanya)". Sebagai contoh, rumus "=AVERAGE(A1:A10)" akan menghitung rata-rata nilai di sel A1 hingga A10.

 

3. COUNT

Formula COUNT berfungsi untuk menghitung jumlah sel dalam rentang yang berisi angka.  Untuk menggunakan rumus COUNT, pilih sel dan ketik "=COUNT(rentang sel yang ingin dihitung)". Rumus "=COUNT(A1:A10)" akan menghitung jumlah sel yang berisi angka pada rentang sel A1 hingga A10.

 

4. IF

Rumus IF berfungsi menguji suatu kondisi pada sejumlah rentang sel. Pilih sel di mana Anda ingin hasilnya muncul dan ketik "=IF(diikuti dengan kondisi yang ingin diuji, "nilai yang akan dikembalikan jika kondisinya benar", "nilai yang akan dikembalikan jika kondisinya salah"). Misalnya, "=IF(A1>10,"Ya","Tidak")" akan menguji apakah nilai di sel A1 lebih besar dari 10. Akan muncul jawaban "Ya" jika benar dan "Tidak" jika itu salah.

 

5. VLOOKUP

Rumus VLOOKUP mencari nilai di kolom pertama tabel dan mengembalikan nilai di baris yang sama dari kolom tertentu. Untuk menggunakan rumus VLOOKUP, pilih sel di mana Anda ingin hasilnya muncul dan ketik "=VLOOKUP(nilai yang ingin dicari, rentang sel yang berisi tabel, nomor kolom dari nilai yang ingin dikembalikan, diikuti dengan "FALSE" jika menginginkan hasil sama persis atau "TRUE" jika menginginkan hasil yang mendekati. Misalnya, "=VLOOKUP(A1,B1:C10,2,FALSE)" akan mencari nilai yang sama persis dari sel A1 di kolom pertama tabel pada sel B1 hingga C10 dan mengembalikan nilai di kolom kedua.

 

6. CONCATENATE

Rumus CONCATENATE menggabungkan dua atau lebih string teks menjadi satu string.  Untuk menggunakan rumus CONCATENATE, pilih sel tempat Anda ingin hasilnya muncul dan ketik "=CONCATENATE(string teks yang ingin digabungkan, dipisahkan dengan koma)". Misalnya, "=CONCATENATE(A1,” “,  B1)" akan menggabungkan teks di sel A1 dan sel B1 dengan spasi di antara keduanya.

 

7. LEFT

Rumus LEFT mengembalikan sejumlah karakter tertentu dari awal string teks. Untuk menggunakan rumus LEFT, pilih sel tempat Anda ingin hasilnya muncul dan ketik "=LEFT(sel yang berisi string teks, jumlah karakter yang ingin dikembalikan)". Misalnya, "=LEFT(A1,5)" akan mengembalikan lima karakter pertama teks di sel A1.

 

8. RIGHT

Rumus RIGHT mengembalikan sejumlah karakter tertentu dari akhir string teks. Untuk menggunakan rumus RIGHT, pilih sel tempat Anda ingin hasilnya muncul dan ketik "=RIGHT(sel yang berisi string teks, jumlah karakter yang ingin dikembalikan)". Misalnya, "=RIGHT(A1,5)" akan mengembalikan lima karakter terakhir teks di sel A1.

 

9. LEN

Rumus LEN mengembalikan jumlah karakter dalam string teks. Untuk menggunakan rumus LEN, pilih sel di mana Anda ingin hasilnya muncul dan ketik "=LEN(diikuti dengan sel yang berisi string teks)". Misalnya, "=LEN(A1)" akan mengembalikan jumlah karakter dalam teks di sel A1.

 

10. TRIM

Rumus TRIM menghilangkan spasi ekstra dari string teks. Untuk menggunakan rumus TRIM, seperti biasa, pilih sel di mana Anda ingin hasilnya muncul. Kemudian, ketik "=TRIM(diikuti dengan sel yang berisi string teks)". Misalnya, rumus "=TRIM(A1)" akan menghilangkan spasi tambahan dari  teks di sel A1.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement