Senin 07 Aug 2023 18:57 WIB

Cara Mudah Mengubah PDF ke Excel

Metode ini hanya berfungsi untuk dokumen PDF yang dibuat secara elektronik.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mengonversi PDF ke Excel adalah tugas umum yang perlu dilakukan banyak orang, terutama saat bekerja dengan data.
Foto: dok Unsplash
Mengonversi PDF ke Excel adalah tugas umum yang perlu dilakukan banyak orang, terutama saat bekerja dengan data.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA—Mengonversi PDF ke Excel adalah tugas umum yang perlu dilakukan banyak orang, terutama saat bekerja dengan data. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengonversi PDF ke Excel, baik secara manual maupun menggunakan konverter daring. 

Untuk konversi PDF ke Excel sesekali, Anda mungkin tidak ingin repot mencari alat khusus dan melakukan pekerjaan dengan apa yang Anda miliki, yaitu penampil PDF Microsoft Excel, dan Word. Harap diingat bahwa metode ini hanya berfungsi untuk dokumen PDF yang dibuat secara elektronik.

Baca Juga

Singkatnya, konversi melibatkan mengekspor data terlebih dahulu ke dalam dokumen Word dan kemudian menyalinnya ke Excel workbook. 

Berikut adalah langkah-langkah rincinya, dilansir dari Gizchina, Senin (7/8/2023). 

1. Salin tabel sumber dari file PDF. Buka file PDF di Adobe Reader, atau penampil PDF lainnya, pilih tabel yang ingin Anda konversi ke Excel dan tekan Ctrl+C untuk menyalinnya ke clipboard. 

2.Tempel tabel ke dalam dokumen Word. Buka dokumen Word baru dan tekan Ctrl+V untuk menempelkan tabel dari clipboard. 

3.Ubah label menjadi teks. Pilih tabel di Word, klik tab “Layout”, lalu klik “Convert to Text.” Di kotak dialog “Convert to Text”, pilih “Tab” sebagai pemisah dan klik “OK”. 

4.Salin teks ke Excel. Pilih teks di Word, tekan Ctrl+C untuk menyalinnya ke clipboard, buka Excel, dan tekan Ctrl+V untuk menempelkannya ke lembar kerja (worksheet) baru. 

5.Bersihkan data.

Data yang ditempelkan dari Word mungkin tidak dalam format yang Anda inginkan. Anda mungkin perlu menyesuaikan lebar kolom, menghapus baris atau kolom yang tidak diinginkan, dan memformat data sesuai kebutuhan. 

Cara lainnya adalah gunakan konverter daring. Konverter daring adalah pilihan yang baik jika Anda harus melakukan konversi PDF ke Excel secara teratur dan jika diperlukan transfer cepat dan akurat dari dokumen PDF asli ke lembar kerja Excel yang diformat. 

Konverter dapat mengubah file PDF menjadi file Excel hanya dalam hitungan detik. Prosesnya cukup sederhana, yaitu pilih file PDF yang ingin Anda konversi, unggah file ke konverter PDF, dan klik tombol konversi. File Anda dapat diubah menjadi file Excel atau format lain yang diinginkan. 

Selain itu, ada juga cara cepat dan sederhana untuk mengonversi PDF ke Excel melalui Microsoft Office Word. File Excel Anda akan sepenuhnya dapat diedit di aplikasi MS Office Excel. 

Berikut langkah-langkahnya: 

  • Buka file PDF di Microsoft Office Word. 
  • Klik kanan file PDF di desktop Anda, lalu buka dengan MS Word atau Anda dapat menelusuri file PDF dalam aplikasi MS Word. 
  • Jendela pop-up tentang konversi PDF akan muncul; klik OK untuk konfirmasi. 
  • Simpan dokumen Word sebagai halaman web. 
  • Buka aplikasi MS Office Excel dan telusuri file halaman web yang Anda simpan di langkah dua. 
  • Pilih tabel yang ingin Anda konversi ke Excel dan tekan
  • Ctrl+C untuk menyalinnya ke clipboard. 
  • Tempel tabel ke lembar kerja Excel baru. 
  • Bersihkan data sesuai kebutuhan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement