Kamis 23 Nov 2023 16:32 WIB

Bebas Ribet, Ini Cara Mudah Mengubah Berkas PDF Menjadi Excel

Jenis berkas iPDF biasanya sulit untuk diedit.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Mengubah berkas PDF ke Excel tak sulit dilakukan jika pengguna memiliki Word dan Excel./ilustrasi
Foto: Unsplash
Mengubah berkas PDF ke Excel tak sulit dilakukan jika pengguna memiliki Word dan Excel./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkas PDF alias portable document format sangat efektif jika seseorang ingin mengirimkan dokumen dalam bentuk standar yang sama persis, apa pun perangkat atau perangkat lunak yang digunakan. Namun, jenis berkas ini sulit untuk diedit.  

Apabila seseorang mendapat berkas spreadsheet dalam format PDF, sering kali cara termudah untuk menyunting datanya adalah dengan mengonversi terlebih dahulu PDF ke berkas Excel. Ini cukup mudah dilakukan, meski tidak cukup dengan sekali klik.

Baca Juga

Dikutip dari laman Business Insider, Kamis (23/11/2023), mengubah berkas PDF ke Excel tak sulit dilakukan jika pengguna memiliki Word dan Excel. Selain itu, ada cara sederhana untuk mengonversi PDF ke Excel jika pengguna memiliki perangkat lunak Adobe Acrobat.

Untul mengonversi PDF ke Excel dengan Microsoft Office, pengguna memerlukan Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pertama, temukan PDF yang ingin diubah di komputer. Buka folder yang berisi file tersebut, tetapi jangan buka PDFnya.

Klik kanan PDF dan, di menu pop-up, klik "Open with" atau "Buka dengan". Selanjutnya, klik "Word". Jika tidak ada Word, klik "Pilih aplikasi lain", lalu di jendela pop-up, klik "Aplikasi lainnya" dan gulir hingga melihat "Word", lalu klik "OK". Lantas, Word akan dimulai secara otomatis.

Pengguna akan melihat kotak dialog yang meminta izin untuk mengonversi PDF ke Word.  Klik "Oke". Proses tersebut mungkin memerlukan waktu beberapa menit hingga selesai, bergantung pada seberapa besar dan kompleks file PDF tersebut.

Langkah berikutnya, klik File di Word, lalu "Save As" atau "Simpan Sebagai". Gunakan jendela "Save As" itu untuk menyimpan file sebagai Halaman Web (*.htm, *.html). Perhatikan di mana file disimpan, supaya mudah menemukannya lagi.

Pengguna selanjutnya bisa memulai perangkat lunak Microsoft Excel. Klik "File", lalu "Buka", dan pilih versi halaman web dari dokumen yang baru saja disimpan. PDF sekarang akan terbuka di Excel, siap untuk diedit.

Selanjutnya, pengguna dapat menyimpan file di Excel dalam format Excel untuk digunakan berikutnya. Jika nantinya sudah disimpan sebagai Excel, versi halaman web PDF yang dibuat di Word mungkin tidak lagi diperlukan dan bisa dihapus. 

Ada cara lain mengonversi PDF ke Excel, yakni dengan menggunakan perangkat lunak Adobe Acrobat. Pengguna perlu membeli atau berlangganan terlebih dahulu jika ingin memakai Adobe Acrobat Pro atau Adobe Acrobat Pro DC.

Cara pertama, jalankan Adobe Acrobat dan buka PDF yang ingin dikonversi.  Untuk melakukannya, klik "File", lalu "Open", dan navigasikan ke file PDF di komputer. Atau, pengguna dapat menyeret file tersebut ke jendela Acrobat.

Pada panel "Tools" di sisi kanan layar, klik "Export PDF". Di jendela "Export PDF", pilih "Microsoft Excel Document (*.xlsx)" dari menu "Convert To". Klik "Export to Excel". Ketika proses ekspor selesai, klik ikon "Exported File" di bagian atas halaman dan klik file yang baru saja dibuat.  

Di kotak dialog "Save As", pilih lokasi dan simpan spreadsheet baru ke komputer. Berkas PDF pun sudah berubah menjadi format Excel dan siap disunting atau digunakan.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement