Selasa 17 Oct 2023 13:08 WIB

Jokowi Posting Poster Kartun Hari Pangan Sedunia, Warganet Malah Heboh Cari Si Oyen

Indonesia sudah membangun infrastruktur penjaga ketahanan pangan.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Poster hari pangan sedunia Presiden RI Joko Widodo.
Foto: IG Jokowi
Poster hari pangan sedunia Presiden RI Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Untuk memperingati hari pangan sedunia, Presiden RI Joko Widodo mengunggah poster kartun yang berisi pesan tentang ketahanan pangan. Dalam keterangannya, Jokowi menegaskan, Indonesia sudah membangun infrastruktur penjaga ketahanan pangan. 

Jokowi mengatakan, 2023 merupakan tahun yang berat bagi dunia, termasuk Indonesia. El Nino, kenaikan suhu Bumi, kemarau panjang yang menyebabkan gagal tanam dan gagal panen, hingga faktor geopolitik dunia.

Baca Juga

Hal-hal tersebut telah mempengaruhi pasokan pangan. Tetapi ia menegaskan bahwa semua itu telah diantisipasi dengan cadangan beras yang cukup.

“Dan jauh-jauh hari sebelumnya, infrastruktur yang diperlukan untuk menjaga ketahanan pangan telah kita bangun, dari waduk, ribuan embung, hingga jaringan irigasi,” ucap Jokowi dalam keterangan unggahan poster tersebut di feed akun Instagram @jokowi miliknya seperti dikutip Selasa (17/10/2023).

Poster tersebut memperlihatkan Presiden Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan celana hitam sedang menyirami tanaman pohon. Di sekelilingnya, ada petani yang sedang memanen buah dan sayuran.

Ada juga peternak yang sedang memberi makan sapi serta peternak gurame yang juga sedang memberi makan ikan. Tampak pula kakek dan nenek yang sedang menikmati makanannya di saung, serta kucing oren yang bersantai di pohon pisang.

Jokowi mengatakan, dengan kesiapan dini dan perencanaan yang cermat, Presiden Jokowi meyakini Indonesia akan mampu menghadapi segenap tantangan yang ada.

“Indonesia akan mampu menghadapi segenap tantangan, baik yang sifatnya global maupun yang terjadi di kawasan, juga yang berlangsung lama sampai yang musiman,” ungkap Jokowi mengakhiri keterangan dalam unggahannya.

 

Alih-alih berkomentar tentang ketahanan pangan, warganet yang membanjiri kolom komentar, justru banyak yang salah fokus dengan kucing oren yang bersantai di pohon pisang. “Oyen di atas pohon pisang,” ujar akun @andra.revs4 memberikan komentarnya.

“Oyen menjadi jantung untuk pisang,” tulis akun @schecopayas.

“Oyen nemplok di pisang ngapain (emoji tertawa terbahak). Random banget nih kreatifnya (emoji tertawa),” tulis akun @anidua.s.

“Oyen lovers mana jempolnya,” tulis akun @_thejohan.

“Nah kan nangkring oyen di pohon pisang,” tulis akun @ianlanang7.

“Nggak kebayang kalau bapak nggak ngejabat lagi. Pasti bakal kangen bapak sama kucing oyen (emoji sedih),” tulis akun @0911nia.

“Yang ngedit siapa sih. Pasti ada oyen sama kocaknya gitu,” tulis akun @yussi_ara26.

“Oyen cosplay jadi monyet (emoji tertawa),” tulis akun @akib_arham.

“Oyen di pohon pisang itu ada kejadian benerannya. Ya Allah oyen viral naik kasta masuk feed pakdhe,” tulis akun @nadya.karina.

“Kalau pak jokowi posting gambar, kenapa aku mesti nyari sosok kucing oyen (emoji tertawa),” tulis akun @krisva_shop.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement