Jumat 13 Oct 2023 15:05 WIB

Access Controller Sony PlayStation Mudahkan Difabel Bermain Video Game

Access controller merupakan gadget berbentuk bundar dan dapat disesuaikan.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Martin Shane menggunakan pengontrol Sony Access, kiri, untuk memainkan video game di kantor pusat Sony Interactive Entertainment Kamis, 28 September 2023, di San Mateo, California
Foto:

Access bisa diletakkan di atas meja atau kursi roda dan dapat dikonfigurasi dengan berbagai cara, bergantung pada kebutuhan pengguna. Itu termasuk mengganti tombol dan thumbstick, memprogram kontrol khusus dan memasangkan dua pengontrol untuk digunakan menjadi satu. Mobil “Gran Turismo” Lane meluncur di sekitar trek digital saat dia memandunya dengan punggung tangan pada pengontrol. 

“Permainan saya agak aneh, nyaman bagi saya untuk bisa menggunakan kedua tangan saya saat bermain,” ujar Lane. Jadi saya perlu menempatkan pengontrolnya cukup jauh sehingga saya dapat menggunakannya tanpa saling bertabrakan. Mampu melakukan manuver pada pengontrolnya sungguh luar biasa, tetapi juga fakta bahwa pengontrol ini dapat dikeluarkan dari kotaknya dan siap digunakan,” katanya. 

Lane dan pemain gim lainnya telah bekerja sama dengan Sony sejak 2018 untuk membantu merancang Access controller. Idenya adalah untuk menciptakan sesuatu yang dapat dikonfigurasikan agar dapat bermanfaat bagi orang-orang dengan beragam kebutuhan, dibandingkan berfokus pada disabilitas tertentu. 

Sementara itu, Alvin Daniel, manajer program teknis senior di PlayStation mengatakan perangkat ini dirancang dengan tiga prinsip agar “dapat diterapkan secara luas” ke sebanyak mungkin pemain. Pertama, pemain tidak harus memegang pengontrol untuk menggunakannya. Misalnya, dapat diletakkan rata di atas meja, baki kursi roda, atau dipasang pada tripod. 

Penting untuk meletakkannya di atas baki kursi Roda, karena jika ada sesuatu yang jatuh dari baki, mustahil bagi pemain untuk mengambilnya tanpa bantuan. Karena alasan yang sama, ia juga harus tahan lama— sehingga dapat bertahan jika ditabrak kursi roda, misalnya. 

Kedua, menekan tombol jauh lebih mudah dibandingkan dengan pengontrol standar. Access controller adalah sebuah kit, jadi dilengkapi dengan penutup tombol dalam berbagai ukuran, bentuk, dan tekstur sehingga orang dapat bereksperimen dengan mengonfigurasi ulang dengan cara yang paling sesuai untuk mereka. 

Ketiga, adalah thumbstick, yang juga dapat dikonfigurasikan tergantung pada apa yang cocok untuk orang yang menggunakannya. Access juga dapat menjadi gamechanger bagi populasi yang sedang berkembang, yaitu gamer lanjut usia yang menderita radang sendi dan penyakit lain yang membatasi. 

Daniel menuturkan terakhir kali dia memeriksa, rata-rata usia seorang gamer adalah 40-an tahun. 

“Dan saya mempunyai harapan besar, berbicara sendiri, bahwa mereka ingin terus bermain, sama seperti saya ingin terus bermain, karena ini adalah hiburan bagi kami,” ujar Daniel. 

Di sisi lain, Access controller akan mulai dijual di seluruh dunia pada 6 Desember dan memiliki harga 90 dolar di Amerika Serikat (AS) atau Rp 1,4 juta. 

 

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement