Sabtu 07 Oct 2023 02:00 WIB

Android 14 untuk Ponsel Pixel Resmi Hadir, Apa Saja Pembaruannya?

Android 14 menghadirkan beragam fitur baru.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google telah mengumumkan peluncuran sistem operasi (OS) Android 14, bersama dengan kehadiran ponsel Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Perilisan berlangsung di acara Made by Google di New York City, Amerika Serikat.
Foto: Google
Google telah mengumumkan peluncuran sistem operasi (OS) Android 14, bersama dengan kehadiran ponsel Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Perilisan berlangsung di acara Made by Google di New York City, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Google telah mengumumkan peluncuran sistem operasi (OS) Android 14, bersama dengan kehadiran ponsel Pixel 8 dan Pixel 8 Pro. Perilisan berlangsung di acara Made by Google di New York City, Amerika Serikat, pada Rabu (4/10/2023).

Dikutip dari laman CNET, Jumat (6/01/2023), Android 14 menghadirkan beragam fitur baru. Ada wallpaper yang dihasilkan kecerdasan buatan (AI), kunci sandi untuk aplikasi pihak ketiga, pengingat bulanan untuk berbagi data, hingga pemberitahuan lampu kilat kamera.

Baca Juga

Android 14 pertama kali dirilis sebagai beta pengembang pada Februari 2023, lalu ada versi beta beberapa bulan kemudian. Kehadiran Android 14 ke masyarakat umum awalnya dijadwalkan pada awal September 2023, tetapi akhirnya diundur ke awal Oktober 2023.

Fitur baru apa saja yang hadir di Android 14? Seperti yang sudah disebutkan, ada wallpaper yang dihasilkan AI, kunci sandi untuk aplikasi pihak ketiga, juga tema monokromatik dinamis, dan banyak lagi. Sebagian besar aspek di gawai mendapat peningkatan.

Sebut saja di ranah kamera, aksesibilitas, layar beranda, layar kunci, privasi dan keamanan, serta pengoptimalan baterai. Peningkatan fitur kamera termasuk dukungan untuk gambar Ultra HDR berkualitas tinggi, fotografi cahaya rendah yang lebih baik, dan zoom dengan sensor.

Zoom itu memungkinkan pengguna memperbesar dan memperkecil dengan kualitas gambar yang tetap baik. Layanan pemindai dokumen baru akan memungkinkan aplikasi mendigitalkan dokumen fisik, seperti tanda terima, dengan menggunakan kamera.

Untuk aksesibilitas, Android 14 menawarkan font lebih besar, yang ditingkatkan hingga 200 persen. Ini ditujukan bagi pengguna yang memiliki gangguan penglihatan. Ada juga notifikasi flash kamera, yang ditujukan untuk pengguna yang punya gangguan pendengaran. 

Pengguna pun dapat melakukan pinch-to-zoom untuk mengatur pembesaran di aplikasi ponsel. Masih banyak lagi pengaturan penyesuaian untuk alat bantu dengar. Layar kunci menampilkan pemilih penyesuaian baru, dengan jam khusus dan pintasan layar kunci.

Terkait privasi dan keamanan, ada pemberitahuan yang memperingatkan tentang perubahan praktik berbagi data untuk aplikasi pihak ketiga, dan izin aplikasi yang lebih ketat. Begitu juga peningkatan privasi PIN, pilihan menonaktifkan konektivitas 2G, enkripsi untuk semua koneksi seluler, dan banyak lagi.

Jenis ponsel Android apa saja yang mendukung Android 14? Google biasanya mengembangkan pembaruan OS Android baru untuk bisa digunakan pada perangkat besutannya sendiri terlebih dahulu, seperti Pixel Pro, Pixel Fold, dan Pixel Tablet. 

Sejumlah perangkat besutan Google yang sudah bisa mencicipi Android 14 antara lain Pixel 4A, Pixel 5, Pixel 5A, Pixel 6, Pixel 6 Pro, Pixel 6A, Pixel 7, Pixel 7 Pro, Pixel 7A, Pixel 8, Pixel 8 Pro, Pixel Fold, serta Pixel Tablet. Sekitar akhir 2023, barulah pembaruan sistem operasi berbasis Android 14 akan diluncurkan ke perangkat dari sejumlah jenama lain. Jika Android 14 tersedia di perangkat, pengguna akan melihat status pembaruan yang muncul. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement