Kamis 05 Oct 2023 20:48 WIB

Google Rilis Android 14 untuk Pixel, Apa Istimewanya?

Google telah merilis versi terbaru dari sistem operasi Android.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google mengumumkan detail tentang ponsel Pixel terbaru dan Pixel Watch  2 dalam acara Made by Google. Kali ini Google telah merilis versi terbaru dari sistem operasi Android-nya.
Foto: AP Photo/Jeff Chiu
Google mengumumkan detail tentang ponsel Pixel terbaru dan Pixel Watch 2 dalam acara Made by Google. Kali ini Google telah merilis versi terbaru dari sistem operasi Android-nya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Google mengumumkan detail tentang ponsel Pixel terbaru dan Pixel Watch 2 dalam acara Made by Google. Kali ini Google telah merilis versi terbaru dari sistem operasi Android-nya. 

Sistem OS baru ini menghadirkan banyak fitur penyesuaian, dukungan kamera yang ditingkatkan, pengelolaan kata sandi yang lebih mudah, dan banyak lagi. Hal ini termasuk fitur bertenaga kecerdasan buatan (AI).

Baca Juga

Dikutip dari Zdnet, Kamis (5/10/2023), Android 14 tersedia di ponsel Pixel saat ini dimulai dengan 4A dan lebih baru. Dukungan untuk produsen lain akan datang akhir tahun ini, menurut keterangan perusahaan.

Kemungkinan fitur baru terbesarnya adalah penyesuaian layar kunci yang memungkinkan pengguna memilih gaya jam, font, widget, dan format yang berbeda. Kemudian ditambah generator wallpaper bertenaga AI yang memungkinkan pengguna memiliki wallpaper yang benar-benar unik tergantung pada teks yang dimasukkan. Itu terdapat pada Pixel 8 dan Pixel 8 Pro baru.

Sekarang, layar kunci juga akan menggunakan AI untuk memperbarui tampilan tergantung kondisi pengguna. Misalnya, jika cuaca akan memburuk, widget cuaca akan diperbesar agar mudah dilihat oleh pengguna.

Pintasan layar kunci khusus juga tersedia yang memungkinkan pengguna untuk mengatur akses sekali ketuk ke kontrol yang paling sering mereka gunakan, mirip dengan tombol tindakan (action button) Apple.

Di sisi keamanan, Google menawarkan dukungan kunci sandi yang diperluas yang memungkinkan pengguna masuk ke lebih banyak aplikasi pihak ketiga dengan sidik jari mereka. Lebih dari itu, proses masuk semakin ditingkatkan, karena Pengelola Kredensial Android yang baru menggunakan semua metode masuk, termasuk kata sandi sebenarnya dan "Masuk dengan Google".  

Bagi mereka yang rajin memantau kondisi kesehatan, versi terbaru Android ini juga memberikan fitur informasi kebugaran, dan kesehatan Anda serta menyimpan semuanya di satu tempat yang mudah dilihat, yaitu Health Connect. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement