Rabu 04 Oct 2023 20:39 WIB

Google Luncurkan Chromebook Plus, Cek Tanggal Pemesanannya

Google secara resmi mengonfirmasi peluncuran laptop Chromebook Plus.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Google secara resmi mengonfirmasi peluncuran laptop Chromebook Plus, yang sebelumnya dikenal dengan nama Chromebook X.
Foto: AP Photo/Michel Euler
Google secara resmi mengonfirmasi peluncuran laptop Chromebook Plus, yang sebelumnya dikenal dengan nama Chromebook X.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Google secara resmi mengonfirmasi peluncuran laptop Chromebook Plus, yang sebelumnya dikenal dengan nama Chromebook X. Laptop ini menjadi anggota baru dalam keluarga Chromebook berbasis ChromeOS. Pengumuman ini disertai dengan berbagai peningkatan performa dan fitur yang mengesankan.

Dalam sebuah unggahan blog, Google menjelaskan bahwa Chromebook Plus menawarkan kinerja yang dua kali lebih cepat dibandingkan Chromebook terlaris pada Juli dan Desember 2022. Hal ini berkat penggunaan prosesor yang lebih cepat serta peningkatan dalam hal kapasitas memori dan penyimpanan.

Baca Juga

Selain itu, setiap laptop Chromebook Plus dilengkapi dengan layar IPS Full HD, yang memberikan pengalaman menonton konten streaming dengan resolusi 1.080p penuh, serta tampilan tajam dan jernih untuk kegiatan seperti membaca, membuat konten, atau mengedit foto dan video. Laptop ini juga memiliki webcam 1.080p+ dengan fitur pengurangan kebisingan temporal untuk panggilan video yang lebih lancar dan realistis.

Dilansir Neowin pada Selasa (3/10/2023), berikut beberapa spesifikasi perangkat keras yang dimiliki oleh semua laptop Chromebook Plus:

- CPU: Intel Core i3 Generasi ke-12 atau yang lebih tinggi, atau AMD Ryzen 3 seri 7.000 atau yang lebih tinggi

- RAM: Minimal 8GB

- Penyimpanan: Minimal 128 GB

- Kamera web: 1.080p+ dengan Pengurangan Noise Temporal

- Tampilan: Layar Full HD IPS atau yang lebih baik

 

Laptop Chromebook Plus diproduksi oleh Asus, Acer, HP, dan Lenovo, masing-masing dengan dua model yang berbeda. Pra-order untuk laptop ini dimulai pada 8 Oktober 2023, dengan harga awal sekitar 399 dolar AS (sekitar Rp 6,2 juta). Namun, Dell, produsen besar Chromebook lainnya, tidak diumumkan sebagai mitra dalam peluncuran Chromebook Plus ini.

Selain fitur-fitur perangkat keras yang canggih, Chromebook Plus juga memiliki teknologi AI bawaan yang membantu meningkatkan kualitas panggilan video. Teknologi ini dapat menghilangkan kebisingan latar belakang, meningkatkan pencahayaan, bahkan mengaburkan latar belakang panggilan video hanya dengan beberapa ketukan, sesuai dengan aplikasi konferensi video yang digunakan pengguna, seperti Google Meet, Zoom, atau Microsoft Teams.

Laptop Chromebook Plus juga dilengkapi dengan fitur Magic Eraser yang biasanya ditemukan di ponsel Pixel untuk aplikasi Google Foto. Fitur ini mengizinkan sinkronisasi file yang otomatis mengunduh file dari Google Drive pengguna.

Tidak hanya itu, pada 2024, perangkat Chromebook Plus akan menerima pembaruan dengan berbagai fitur AI generatif baru, termasuk perangkat lunak pembuatan gambar, alat bantu penulisan, dan banyak lagi.

Pengguna Chromebook saat ini juga dapat berharap mendapatkan pembaruan perangkat lunak pada 17 Oktober yang membawa sejumlah fitur yang disertakan pada Chromebook Plus. Fitur-fitur ini memperpanjang umur perangkat mereka dan memungkinkan pembaruan perangkat lunak hingga 10 tahun ke depan, sesuai dengan komitmen Google untuk mendukung perangkat Chromebook. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement