Senin 28 Aug 2023 06:35 WIB

WhatsApp Kenalkan Fitur Berbagi Foto dan Video Berkualitas Asli

WhatsApp telah menghadapi kritik karena mengompresi gambar.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp akan segera mengizinkan pengiriman foto dan video dalam kualitas aslinya./ilustrasi
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
WhatsApp akan segera mengizinkan pengiriman foto dan video dalam kualitas aslinya./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---WhatsApp baru-baru ini memperkenalkan begitu banyak fitur baru yang sudah lama diminta oleh pengguna. Aplikasi ini juga telah mengalami beberapa perubahan UI dan UX. Kini ada pembaruan beta baru yang dirilis WhatsApp, versi 2.23.18.12.

Menurut WABetaInfo, fitur utama pembaruan ini adalah kemampuan pengguna untuk mengirim foto dan video dalam kualitas aslinya. Ini mengikuti versi beta sebelumnya yang memperkenalkan pengiriman foto berkualitas tinggi ke sekelompok penguji terbatas.

Baca Juga

Dikutip dari Gizmochina, Senin (28/8/2023), pengguna WhatsApp segera bisa mengirimkan foto dan video dalam kualitas aslinya.

Sebelumnya, WhatsApp telah menghadapi kritik karena mengompresi gambar, yang sering kali menyebabkan berkurangnya kejelasan dan hilangnya detail kecil. Bahkan fitur berbagi foto 'berkualitas tinggi' terbaru pun tidak terkecuali dari kompresi ringan. 

Namun pembaruan yang akan datang menjanjikan untuk mengubah narasi ini. Sumber di dalam dan tangkapan layar menunjukkan bahwa WhatsApp semakin dekat dengan rilis penuh opsi berbagi media berkualitas asli.

Fitur yang akan datang menjanjikan pengalaman pengguna yang lancar. Ini akan memberikan titik masuk yang nyaman di pemilih dokumen untuk memilih foto dan video dari galeri dalam aplikasi. 

Meskipun diberi label sebagai 'dokumen', prosesnya telah dioptimalkan untuk menghindari navigasi yang tidak perlu melalui menu atau folder. Intinya, pengguna dapat dengan mudah berbagi media dalam kualitas aslinya dengan sedikit usaha.

Saat ini, fitur yang ditunggu-tunggu tersebut masih dalam tahap pengembangan. Selain itu, WhatsApp terus berinovasi, dengan pembaruan beta terbaru yang mengisyaratkan perubahan antarmuka panggilan, stiker yang dihasilkan AI, dan kemampuan untuk menjadwalkan panggilan grup.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement