Sabtu 26 Aug 2023 18:47 WIB

Fitur Polling WhatsApp Bisa Segera Dipakai di Grup Komunitas

Komunitas adalah fitur di WhatsApp yang sedikit berbeda dengan grup yang biasa.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
 WhatsApp akan segera menambahkan fitur baru polling alias jajak pendapat ke grup komunitas penggunanya./ilustrasi
Foto: Dok WhatsApp Indonesia
WhatsApp akan segera menambahkan fitur baru polling alias jajak pendapat ke grup komunitas penggunanya./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- WhatsApp akan segera menambahkan fitur baru polling alias jajak pendapat ke grup komunitas penggunanya. Saat ini, fitur ini tersedia untuk beberapa penguji beta, tepatnya di Google Play Beta dengan nomor versi 2.23.17.22. 

Komunitas merupakan salah satu fitur di WhatsApp yang sedikit berbeda dengan grup WhatsApp biasa. Untuk membatasi jumlah notifikasi dan banjir informasi, hanya admin komunitas yang dapat mengirim pengumuman kepada semua anggota komunitas.

Baca Juga

Sebelum ini, sudah ada pengumuman pembaruan WhatsApp di mana anggota di grup komunitas bisa bereaksi terhadap pesan yang dibagikan. Sebelumnya, fitur ini hanya diberikan kepada sekelompok kecil penguji beta dalam pembaruan WhatsApp beta Android 2.23.14.19.

Pembaruan itu juga menyertakan cara untuk merahasiakan nomor telepon pengguna. Namun, masih ada beberapa fitur yang hilang di grup pengumuman komunitas. Mereka belum bisa membagikan jajak pendapat. Kini, aspek itu kian disempurnakan oleh WhatsApp.

Dikutip dari laman GizChina, Sabtu (26/8/2023), pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.23.17.22 sudah bisa didapatkan lewat Google Play Store. Dengan pembaruan Whatsapp beta itu, WhatsApp memberikan fitur ini ke beberapa penguji beta.

Artinya, WhatsApp menambahkan cara bagi pengguna untuk membuat polling di grup pengumuman komunitas. Untuk mengetahui apakah ini sudah aktif bagi Anda, cukup masuk ke grup pengumuman komunitas tempat Anda bertanggung jawab menjadi admin.

Cari ikon "jajak pendapat" yang tersedia. Perlu diingat bahwa pengguna mungkin hanya melihat ini di grup pengumuman komunitas dengan skala yang lebih besar namun beranggotakan kurang dari 1024 orang. Oleh karena itu, disarankan mencobanya di beberapa grup.

Setelah pengguna dapat membuat polling di grup pengumuman komunitas, WhatsApp memberikan cara lain kepada admin komunitas untuk berbicara dengan anggota komunitas. Melalui jajak pendapat, admin komunitas dapat melibatkan anggota dengan mengajukan pertanyaan.

Admin juga dapat melibatkan anggota komunitas dalam pengambilan keputusan. Sangat penting untuk mengetahui bahwa ini berfungsi bersama dengan opsi privasi nomor telepon. Jadi, saat memberikan suara dalam jajak pendapat, nomor telepon tetap bersifat pribadi dan tersembunyi.

Beberapa penguji beta yang memiliki pembaruan terbaru WhatsApp beta untuk Android kini dapat berbagi jajak pendapat di grup pengumuman komunitas.  Lebih banyak orang akan mulai mendapatkan fitur ini dalam beberapa hari ke depan.

Cara kerja jajak pendapat WhatsApp di komunitas berfungsi sama seperti halnya dalam grup. Admin komunitas dapat memulai jajak pendapat baru dengan mengetuk ikon lampiran dan memilih "Jajak Pendapat". Selanjutnya, ketik pertanyaan di kotak teks "Pertanyaan".

Kemudian, admin bisa membuat beberapa pilihan jawaban atas pertanyaan yang sudah dibuat. Admin dapat mengizinkan setiap orang memilih beberapa opsi atau memilih satu suara saja, dengan mengaktifkan atau menonaktifkan tombol "Izinkan beberapa jawaban".

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement