Sabtu 26 Aug 2023 16:19 WIB

Ingin Gunakan Dua Nomor WhatsApp dalam Satu Ponsel? Ini Triknya

Salah satu solusi sederhana tersebut adalah duplikasi WhatsApp.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pengguna WhatsApp hanya bisa memakai salah satu dari dua nomor telepon yang ada di ponsel mereka sebagai nomor WhatsApp.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Pengguna WhatsApp hanya bisa memakai salah satu dari dua nomor telepon yang ada di ponsel mereka sebagai nomor WhatsApp.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Aplikasi berkirim pesan WhatsApp tidak memperbolehkan penggunaan dua nomor yang sama dalam satu ponsel di waktu yang sama. Ketentuan ini kerap menimbulkan dilema bagi pengguna ponsel dengan kartu SIM ganda. Alasannya, pengguna hanya bisa memakai salah satu dari dua nomor telepon yang ada di ponsel mereka sebagai nomor WhatsApp.

Sebenarnya, ada beberapa solusi sederhana yang memungkinkan pengguna kartu SIM ganda untuk memakai dua nomor atau akun WhatsApp di dalam satu ponsel. Salah satu solusi sederhana tersebut adalah duplikasi WhatsApp.

Baca Juga

Duplikasi WhatsApp memungkinkan pengguna untuk memiliki satu aplikasi replika WhatsApp pada ponsel mereka. Nantinya, sistem di dalam ponsel akan memperlakukan aplikasi orisinal dan aplikasi replika sebagai dua aplikasi berbeda. Dengan begitu, pengguna dapat memakai dua aplikasi WhatsApp dengan dua nomor berbeda di dalam satu ponsel.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menduplikasi aplikasi, termasuk WhatsApp, di dalam ponsel. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan dari ponsel. Sebagai contoh, fitur Dual Messaging pada ponsel Samsung, Dual Apps pada ponsel Xiaomi, Application Cloner pada ponsel Oppo dan Realme, Twin Apps pada ponsel Huawei atau Honor, dan Parallel Applications pada ponsel OnePlus.

Meski memiliki nama yang berbeda, beragam fitur ini memiliki fungsi yang mirip. Berikut ini adalah cara menduplikasi WhatsApp dengan memanfaatkan fitur tersebut, seperti dilansir GizChina:

1. Buka menu "setting" lalu cari menu duplikasi aplikasi bawaan dari ponsel.

2. Navigasi opsi yang muncul, lalu pilih WhatsApp.

3. Sistem secara otomatis akan menduplikasi aplikasi yang dipilih. Proses ini bisa berlangsung secara instan, atau membutuhkan beberapa langkah tambahan. (Misalnya memilih daftar kontak yang berbeda untuk aplikasi replika pada ponsel Samsung).

4. Setelah aplikasi WhatsApp terduplikasi, akan muncul dua ikon aplikasi WhatsApp yang mirip di layar ponsel. Akan tetapi, aplikasi replika akan memiliki penanda yang membedakannya dengan aplikasi orisinal.

5. Buka aplikasi replika WhatsApp, lalu lakukan log in dengan nomor telepon kedua, setelah itu aplikasi replika akan berfungsi secara independen.

Pengguna WhatsApp nantinya akan mendapatkan notifikasi untuk semua pesan yang masuk dari aplikasi orisinal dan aplikasi replika. Akan tetapi, pengguna mungkin perlu menyesuaikan diri dalam hal memilih ikon aplikasi sebelum membuat percakapan baru dengan orang lain.

Opsi lain yang bisa dilakukan untuk menggunakan dua nomor WhatsApp dalam satu ponsel adalah dengan menggunakan WhatsApp Business. Meski memiliki nama "Business", aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa saja.

Untuk menggunakan WhatsApp Business, pengguna cukup menginstall atau memasang aplikasi tersebut. Setelah itu, pengguna bisa mendaftarkan nomor kedua mereka untuk WhatsApp Business. Saat melakukan pendaftaran, pengguna dapat memilih opsi "not a business" ketika ditanya mengenai kategori perusahaan.

Pengguna bisa berkirim pesan melalui WhatsApp Business dengan cara yang sama seperti aplikasi WhatsApp biasa. Pengguna juga bisa mengakses kontak yang sama dengan WhatsApp biasa melalui aplikasi WhatsApp Business.

Di masa mendatang, WhatsApp juga akan menghadirkan mode multi-account untuk para pengguna. Mode ini memungkinkan pengguna untuk memakai dua nomor telepon berbeda dalam satu aplikasi WhatsApp. Fitur ini kemungkinan akan dirilis secara live pada Agustus 2023. Akan tetapi, ketersediaan fitur baru ini mungkin akan berbeda untuk tiap pengguna, tergantung pada jenis gawai dan lokasi.

Untuk mengaktifkan mode ini, penggunca cukup membuka opsi "setting" atau "pengaturan" yang ada di dalam WhatsApp, klik tanda panah ke bawah yang ada di samping nama pengguna, lalu pilih opsi "add account" atau "tambah akun". Setelah proses verifikasi, mode multi-account telah aktif dan pengguna bisa mengelola dua akun dengan sangat mudah dari satu aplikasi WhatsApp.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement