Selasa 22 Aug 2023 08:54 WIB

Jangan Abaikan Tanda Titik Hijau di Ponsel Android Anda, Bisa Bahaya!

Titik ini dapat menunjukkan tanda peringatan Anda sedang dimata-matai.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Titik hijau yang terdapat di bagian atas layar ponsel Android merupakan indikator bahwa suatu aplikasi sedang menggunakan kamera atau mikrofon secara real-time.
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Titik hijau yang terdapat di bagian atas layar ponsel Android merupakan indikator bahwa suatu aplikasi sedang menggunakan kamera atau mikrofon secara real-time.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Titik hijau yang terdapat di bagian atas layar ponsel Android merupakan indikator bahwa suatu aplikasi sedang menggunakan kamera atau mikrofon secara real-time. Namun, titik ini dapat menunjukkan tanda peringatan Anda sedang dimata-matai, jika tiba-tiba muncul padahal sedang tidak menggunakan aplikasi apapun.

Untuk memastikan apakah sedang dimata-matai atau tidak, Anda bisa mengeceknya dengan menampilkan atau menggulirkan menu, dan lihat apakah ada aplikasi di ponsel yang sedang menggunakan kamera atau mikrofon. Jika ternyata tidak ada, maka Anda bisa mencurigai adanya tindakan penguntit.

Baca Juga

“Pada umumnya, titik hijau tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika Anda curiga sedang dimata-matai, Anda harus bertindak cepat,” kata Jamie Akhtar, CEO dan salah satu pendiri CyberSmart, seperti dilansir Daily Mail, Selasa (21/8/2023).

Menurut Akhtar, penyebab yang paling mungkin adalah karena pengguna telah memberikan izin kepada aplikasi untuk mengakses kamera atau mikrofon meskipun sedang tidak digunakan. Untuk memastikannya, Anda bisa memeriksanya di bagian ”izin” (permissions) pada pengaturan perangkat Anda.

"Jika tidak demikian, bisa jadi ponsel Anda telah diretas dan penjahat siber menggunakan spyware untuk melacak apa yang Anda lakukan,” kata Akhtar.

Jika Anda mencurigai adanya spyware yang terpasang di ponsel, Akhtar merekomendasikan untuk menjalankan pemindaian malware. Caranya yaitu buka Play Store, lalu ketuk profil, kemudian klik Play Protect, dan Scan.

Akhtar merekomendasikan untuk mengubah kata sandi, terutama email. Pasalnya, bisa saja peretas itu membobol data pribadi dan sensitif.

Lantas bagaimana mengetahui aplikasi mana yang memicu munculnya titik hijau? Caranya mudah. Jika Anda melihat tanda titik hijau pada ponsel, usap ke bawah dari atas layar, dan Anda akan melihat mikrofon atau kamera, untuk menunjukkan sensor mana yang digunakan. Ketuk ikon tersebut, dan Anda akan melihat aplikasi mana yang menggunakannya.

Dari layar itu, pengguna dapat mencabut izin aplikasi untuk menggunakan mikrofon atau kamera. Pengguna juga dapat melihat catatan yang jelas tentang aplikasi mana yang telah menggunakan sensor dari menit ke menit.

Jika pengguna khawatir tentang aplikasi mana saja yang telah mengakses sensor di ponsel, Google juga memperkenalkan fitur Dasbor Privasi (Privacy Dashboard) dalam pembaruan Android. Fitur ini memberikan gambaran umum tentang aplikasi mana saja yang telah mengakses sensor perangkat pengguna, serta informasi pribadi seperti log panggilan dan kontak.

Untuk mengaksesnya, buka aplikasi Pengaturan (Settings) > ketuk Keamanan dan Privasi (Security and Privacy) > pilih Privasi (privacy) > ketuk Privacy Dashboard > ketuk izin seperti lokasi, mikrofon, kalender, log panggilan, hingga kontak untuk mengubah izin aplikasi.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement