Sabtu 19 Aug 2023 13:47 WIB

Arti Simbol Baterai Warna Kuning di HP iPhone

Saat baterai HP ada di angka 20 persen, Anda perlu segera mengisinya.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Qommarria Rostanti
Sebuah Hp sedang diisi baterainya (ilustrasi). Baterai HP berubah warna sesuai daya isi yang dimilikinya, ada hijau, kuning, dan merah.
Foto: Dok. www.freepik.com
Sebuah Hp sedang diisi baterainya (ilustrasi). Baterai HP berubah warna sesuai daya isi yang dimilikinya, ada hijau, kuning, dan merah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warna yang ada di baterai iPhone Anda memiliki arti. Ketika ikon tampak merah, itu berarti persentase baterai iPhone Anda sangat rendah, kurang dari 20 persen dan perlu diisi sesegera mungkin untuk menghindari penghentian perangkat.

Saat sedang mengisi daya, secara otomatis berubah menjadi hijau untuk menunjukkan bahwa perangkat seluler saat ini menerima lonjakan daya. Namun, apa artinya jika ikon baterai berwarna kuning?

Baca Juga

Dilansir laman Slashgear, Jumat (18/8/2023), ternyata simbol baterai kuning di bilah status iPhone Anda bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Ini hanyalah indikasi bahwa perangkat Anda dalam Low Power Mode atau Mode Daya Rendah.

Dengan mengaktifkan fitur ini, baterai iPhone Anda pada dasarnya terulur karena beberapa fungsi perangkat Anda yang biasanya membutuhkan baterai dalam jumlah besar untuk sementara tersendat atau dibatasi. Misalnya, 5G mungkin dinonaktifkan untuk model iPhone 12 sementara iterasi iPhone 13 yang memiliki tampilan ProMotion mungkin mengalami kecepatan penyegaran tampilan terbatas.

Untuk versi iPhone lainnya, penyegaran aplikasi latar belakang, unduhan otomatis dan pengambilan email semuanya ditangguhkan. Foto iCloud juga dapat dijeda untuk sementara dan menampilkan kecerahan layar serta tampilan beberapa animasi visual dapat dikurangi. Terakhir, saat Mode Daya Rendah diaktifkan, beberapa fungsi iPhone mungkin terasa lamban karena kinerja prosesor secara keseluruhan melambat.

Lalu, apakah Mode Daya Rendah iPhone merupakan pengaturan otomatis? Secara default, sakelar Mode Daya Rendah iPhone dalam posisi mati. Anda harus menyalakannya secara manual melalui pengaturan perangkat (atau melakukannya secara tidak sengaja) agar ikon status baterai menjadi kuning. Dalam beberapa kasus, ketika baterai iPhone mencapai tanda 20 persen atau lebih rendah, pemberitahuan mungkin muncul di layar yang menawarkan opsi untuk mengaktifkan fitur hemat baterai.

Terlepas dari skenario di atas, Anda juga dapat menggunakan Shortcut bawaan iPhone untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah secara otomatis saat baterai mencapai persentase pilihan Anda. Begini caranya:

·Luncurkan aplikasi Shortcuts iPhone.

·Pilih tab Automation di bilah navigasi bawah.

·Tekan Create Personal Automation.

·Gulir ke bawah dan pilih Battery Level.

·Pilih opsi “Falls Below” dan atur penggeser ke level yang Anda inginkan.

·Ketuk Next.

·Tekan Add Action.

·Ketik “Set Low Power Mode” ke dalam bilah pencarian, pilih, dan pastikan sudah disetel untuk menyala.

·Ketuk Next.

·Nonaktifkan Ask Before Running , dan konfirmasikan pilihan.

·Tekan Done.

Langkah-langkah ini secara otomatis akan mengaktifkan Mode Daya Rendah saat penanda persentase baterai yang Anda pilih tercapai. Anda dapat mengedit persentase yang ditetapkan otomatisasi Mode Daya Rendah dengan mengetuk entri dalam daftar Automation dan memilih “When battery level falls below”.

Untuk menghentikan otomatisasi agar tidak terpicu, Anda dapat menonaktifkan Enable This Automation di halaman Edit Automation atau geser ke kiri pada entri dalam daftar Automation untuk menghapus semuanya.

Jika Anda ingin mendapatkan kembali fungsionalitas penuh dari fitur-fitur iPhone yang akan dibatasi oleh pengaturan ini, Anda dapat menghubungkan iPhone Anda dan mengisinya hingga baterai 80 persen atau lebih tinggi, yang secara otomatis akan mematikan Mode Daya Rendah. Jika itu tidak berhasil, Anda harus mematikan secara manual.  Begini cara menonaktifkan Mode Daya Rendah di iPhone:

·Luncurkan aplikasi Settings.

·Pergi ke Battery.

·Alihkan sakelar Low Power Mode ke posisi mati.

·Anda juga dapat membuat Control Center shortcut untuk Low Power Mode agar memiliki akses lebih cepat ke pengaturan:

1. Kembali ke halaman main Settings iPhone.

2. Pilih Control Center.

3. Di bawah More Controls, tekan simbol “+” di sebelah Low Power Mode.

Jika ikon status baterai iPhone Anda berubah menjadi kuning dan Anda ingin mematikan Mode Daya Rendah dan kembali ke tampilan normalnya, cukup gesek ke bawah di tepi kanan atas layar iPhone Anda untuk mengakses Control Center dan ketuk setengah- ikon baterai penuh hingga tidak dipilih.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement