Kamis 17 Aug 2023 09:07 WIB

Baterai iPhone 14 Cepat Habis, Apa Solusinya?

Ribuan pemilik iPhone 14 mengeluh baterai ponsel mereka cepat habis.

 Ribuan pemilik iPhone 14 dan iPhone 14 Pro mengeluh bahwa baterai ponsel mereka sangat cepat habis. /ilustrasi
Foto: BGR
Ribuan pemilik iPhone 14 dan iPhone 14 Pro mengeluh bahwa baterai ponsel mereka sangat cepat habis. /ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah hampir setahun sejak Apple meluncurkan iPhone 14, tetapi tampaknya banyak dari ponsel itu sudah "bermasalah". Ribuan pemilik iPhone 14 dan iPhone 14 Pro mengeluh bahwa baterai ponsel mereka sangat cepat habis. 

Sebagian mengungkapkan kekesalannya di media sosial. Seorang pengguna memposting tangkapan layar ponsel, menunjukkan kapasitas maksimum pengisian daya ponsel hanya mencapai 89 persen.

Baca Juga

"Membeli ponsel ini November tahun lalu, 89 persen hanya dalam sembilan bulan. Ini pasti tidak normal. Saya memiliki hampir semua iPhone sejak iPhone 6 dan ini adalah yang terburuk yang pernah saya alami," kata pengguna itu.

Lewat Twitter, beberapa pengguna lain juga mengeluhkan masalah daya baterai yang lekas terkuras. "Baterai pada iPhone 14 Pro Max menurun lebih cepat daripada sepotong mentega yang meleleh," ucap salah satunya.

Keluhan lain yakni penurunan persentase daya baterai maksimum sebesar tiga persen dalam sepekan di ponsel iPhone 14 Pro. Padahal, menurut pengguna tersebut tak ada kebiasaan pengisian daya yang berubah atau pemakaian ponsel berlebihan.

Pengguna berikutnya menyebut iPhone 14 Pro Max miliknya hanya memiliki daya baterai maksimum sebesar 91 persen. "Saya rasa sudah waktunya untuk membeli ponsel yang baru," ungkapnya, dikutip dari laman Daily Mail, Kamis (17/8/2023).

Belum diketahui penyebab dari sejumlah masalah yang serupa tersebut. Beberapa pengguna telah mengemukakan beberapa teori, termasuk pengisian daya MagSafe serta perangkat yang mengalami panas berlebihan.

Kolumnis teknologi senior Wall Street Journal, Joanna Stern, menyebut mungkin ada masalah lain. Dia menganggap kapasitas baterai yang menyusut lebih cepat mungkin dipicu tampilan ponsel yang selalu aktif.

Asumsi Stern itu muncul karena dia terus menggunakan iPhone Pro miliknya dengan cara demikian selama setengah tahun belakangan. Namun, dia juga bertanya-tanya apakah itu karena ponsel gagal "membuang panas" atau disebabkan pengguna menjalankan perangkat lunak beta.

Sementara, Apple mengklaim baterai ponselnya akan bertahan hingga 80 persen dari kapasitas aslinya selama 500 siklus pengisian penuh. Dengan catatan, ponsel selalu dioperasikan dalam kondisi normal.

Lantas, apa yang harus dilakukan jika daya maksimum baterai ponsel telanjur berkurang seperti yang dialami sebagian pengguna iPhone 14 itu? Ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk mengoptimalkan kinerja baterai.

Saran utama dari Apple adalah memperbarui perangkat lunak ke versi terbaru, meredupkan kecerahan layar ponsel, dan menggunakan WiFi saat tersedia. Opsi lain, ubah pengaturan iPhone ke Mode Daya Rendah.

Menerapkan Mode Daya Rendah akan mengurangi kecerahan layar, mengoptimalkan kinerja perangkat, dan meminimalkan animasi sistem. Dengan begitu, aplikasi yang ada di ponsel tidak akan mengunduh konten di latar belakang.

Begitu pun fitur seperti AirDrop, sinkronisasi iCloud, dan Kontinuitas akan dinonaktifkan. Namun, pengguna masih dapat menggunakan sejumlah fungsi tombol penting, seperti membuat dan menerima panggilan telepon, email, perpesanan, serta mengakses internet. Saat pengisian daya berikutnya, Mode Daya Rendah akan mati secara otomatis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement