Kamis 17 Aug 2023 16:40 WIB

Sering Ngecas HP Semalaman? Sebaiknya Ubah Kebiasaan Ini karena Membahayakan Diri

Sebagian orang suka mengisi daya baterai saat malam mau tidur hingga pagi hari.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Handphone dicharger semalaman (ilustrasi). Mengisi daya handphone selama semalaman sangat tidak disarankan karena berisiko membahayakan keselamatan.
Foto: Dok. www.freepik.com
Handphone dicharger semalaman (ilustrasi). Mengisi daya handphone selama semalaman sangat tidak disarankan karena berisiko membahayakan keselamatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jika Anda terbiasa mengisi daya ponsel semalaman agar baterai terisi penuh pada pagi hari, sebaiknya ubah kebiasaan ini. Apple telah mengeluarkan peringatan yang signifikan kepada pengguna iPhone, mengenai potensi bahaya mengisi daya perangkat semalaman saat penggunanya tidur.

“Jangan pernah meninggalkan pengisian daya iPhone tanpa pengawasan saat Anda tidur,” demikian pernyataan iPhone seperti dilansir Dailyo, Kamis (17/8/2023)

Baca Juga

Kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya ini dapat menyebabkan konsekuensi parah. Hal ini dapat mengakibatkan bahaya seperti kebakaran, sengatan listrik, cedera pribadi, atau kerusakan pada iPhone atau barang lainnya.

Menempatkan iPhone di tempat sempit tanpa ventilasi saat mengisi daya dinilai sangat berbahaya. Apalagi jika diletakkan di dekat bantal atau selimut karena dapat menyebabkan panas berlebih yang berpotensi merusak perangkat dan bahkan menimbulkan risiko kebakaran.

“Jangan tidur di atas perangkat, adaptor daya, atau pengisi daya nirkabel, atau meletakkannya di bawah selimut, bantal, atau tubuh Anda, saat perangkat terhubung ke sumber listrik. Simpan iPhone, adaptor daya, dan pengisi daya nirkabel di tempat yang berventilasi baik saat digunakan atau mengisi daya,” demikian kata Apple di situs web-nya.

Apple sangat menyarankan untuk menggunakan kabel pengisian daya orisinil dan adaptor daya USB dari Apple. Jika pengguna memerlukan penggantinya, pilihlah produk yang berlabel “Made for iPhone”, atau pertimbangkan alternatif pihak ketiga yang mematuhi standar USB 2.0 atau yang lebih baru, serta sertifikasi keamanan yang relevan. Tindakan pencegahan lainnya yang dapat dilakukan untuk menghindari potensi bahaya, antara lain mengisi daya ponsel dengan posisi layar menghadap ke atas, memastikan kabel dan pengisi daya tidak rusak, dan mencegah kelembapan atau benda logam bersentuhan dengan pengisi daya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement