Kamis 28 Sep 2023 05:40 WIB

Matikan Dua Pengaturan iOS ini Jika Ingin Baterai iPhone Anda Lebih Lama

Jangan biarkan baterai terkuras hingga nol.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Ada sejumlah tips menghemat baterai lainnya untuk iOS 16 dan iOS 17 yang kurang populer tetapi dapat membantu menjaga baterai iPhone Anda tetap awet bertahan hingga lama.
Foto: EPA-EFE/MARK R. CRISTINO
Ada sejumlah tips menghemat baterai lainnya untuk iOS 16 dan iOS 17 yang kurang populer tetapi dapat membantu menjaga baterai iPhone Anda tetap awet bertahan hingga lama.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seri iPhone 15 telah resmi diluncurkan dan saat ini banyak sekali penawaran untuk perangkat tersebut serta iPhone 14. Namun jika Anda tidak berencana memperbarui iPhone Anda dalam waktu dekat, Anda mungkin ingin mengoptimalkan baterai Anda agar ponsel Anda tetap terasa baru. 

Dilansir CNET, Kamis (28/9/2023), sebagian masalah baterai iPhone dapat dicegah dengan melakukan beberapa langkah sederhana. Yaitu, menggunakan “pengisian daya yang dioptimalkan”, hindari iPhone yang terlalu panas, dan jangan biarkan baterai terkuras hingga nol. 

Baca Juga

Tetapi selain itu, ada sejumlah tips menghemat baterai lainnya untuk iOS 16 dan iOS 17 yang kurang populer tetapi dapat membantu menjaga baterai iPhone Anda tetap awet bertahan hingga lama. 

Pertama, hapus widget dari layar kunci iPhone Anda. Semua widget di layar kunci memaksa aplikasi Anda berjalan secara otomatis di latar belakang, terus-menerus mengambil data untuk memperbarui informasi yang ditampilkan widget, seperti skor olahraga atau cuaca. Karena aplikasi ini terus-menerus berjalan di latar belakang karena widget Anda, itu berarti aplikasi tersebut terus-menerus menguras daya. 

Jika Anda ingin membantu menghemat baterai di iOS 17, hal terbaik yang harus dilakukan adalah menghindari widget di layar kunci (dan layar beranda). Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan beralih ke profil layar kunci lain.

Caranya, tekan jari Anda ke bawah pada layar kunci yang ada lalu geser ke sekeliling untuk memilih salah satu yang tidak memiliki widget apa pun. 

Namun, jika Anda hanya ingin menghapus widget dari layar kunci yang ada, tekan layar kunci Anda, tekan Sesuaikan, pilih opsi Layar Kunci, ketuk pada kotak widget lalu tekan tombol “—“ di setiap widget untuk menghapus mereka. 

Kedua, matikan umpan balik keyboard haptik iPhone Anda. Anehnya, keyboard di iPhone tidak pernah memiliki kemampuan bergetar saat Anda mengetik, sebuah tambahan yang disebut “umpan balik haptik” yang ditambahkan ke iPhone dengan iOS 16. 

Alih-alih hanya mendengar suara klik-klak, umpan balik haptik memberikan getaran pada setiap tombol, memberikan pengalaman yang lebih mendalam saat Anda mengetik. Namun, menurut Apple, fitur yang sama juga dapat memengaruhi masa pakai baterai. 

Menurut halaman dukungan Apple tentang keyboard ini, umpan balik haptik "mungkin memengaruhi masa pakai baterai iPhone Anda." Tidak ada rincian yang diberikan mengenai berapa banyak masa pakai baterai yang terkuras oleh fitur keyboard, tetapi jika Anda ingin menghemat baterai, sebaiknya tetap nonaktifkan fitur ini.

Untungnya, umpan balik haptik tidak diaktifkan secara default. Jika Anda telah mengaktifkannya sendiri, buka Pengaturan > Suara & Haptik > Umpan Balik Keyboard dan matikan Haptik untuk mematikan umpan balik haptik untuk keyboard Anda. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement