Rabu 16 Aug 2023 15:25 WIB

Agar Lebih Aman, WhatsApp Web Perkenalkan Fitur Kunci Layar

WhatsApp telah memperkenalkan fitur kunci layar baru untuk versi webnya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
WhatsApp telah memperkenalkan fitur kunci layar baru untuk versi webnya agar pengguna lebih aman dan merasa privasinya terjaga/ilustrasi
Foto: Unsplash
WhatsApp telah memperkenalkan fitur kunci layar baru untuk versi webnya agar pengguna lebih aman dan merasa privasinya terjaga/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — WhatsApp merupakan salah satu platform perpesanan paling populer di seluruh dunia, dengan jutaan pengguna mengandalkannya untuk komunikasi. Tahun lalu, fitur Screen Lock (kunci layar) beta dirilis dan saat itu tersedia untuk beberapa pengguna yang bergabung dengan program beta.

Namun, setelah sekian lama menguji fitur ini, WhatsApp kini merilisnya ke beberapa pengguna yang menggunakan aplikasi versi terbaru. Dalam upaya meningkatkan privasi dan keamanan, WhatsApp telah memperkenalkan fitur kunci layar baru untuk versi webnya.

Baca Juga

Fitur ini memungkinkan pengguna mengatur kata sandi untuk mengakses WhatsApp Web. Ini memastikan bahwa obrolan mereka tetap aman dari pengintaian. WhatsApp Web adalah ekstensi berbasis web dari aplikasi perpesanan WhatsApp, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses akun WhatsApp mereka di komputer atau laptop.

WhatsApp juga memperlihatkan percakapan dan pesan dari perangkat seluler pengguna. Selain itu, WhatsApp Web menyediakan cara yang nyaman untuk mengirim dan menerima pesan tanpa harus beralih antar perangkat.

Privasi adalah aspek penting dari setiap aplikasi perpesanan, karena pengguna ingin memastikan bahwa percakapan dan informasi pribadi mereka tetap aman. Dengan meningkatnya ketergantungan pada komunikasi digital, penting bagi platform perpesanan untuk menyediakan fitur privasi yang kuat guna melindungi data pengguna.

Fitur kunci layar baru di WhatsApp Web bertujuan untuk meningkatkan privasi dengan menambahkan lapisan keamanan ekstra. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur kata sandi yang harus dimasukkan setiap kali ingin mengakses akun WhatsApp mereka di web.

Fitur ini juga memastikan bahwa meskipun seseorang memperoleh akses ke komputer atau laptop pengguna, mereka tidak akan dapat melihat percakapan WhatsApp pengguna tanpa kata sandi. Dilansir dari GizChina, Rabu (16/8/2023), berikut cara untuk mengaktifkan fitur kunci layar di WhatsApp Web.

1. Perbarui WhatsApp: Pastikan menginstal WhatsApp versi terbaru di perangkat seluler.

2. Buka WhatsApp Web: Buka aplikasi WhatsApp di perangkat seluler dan buka menu “Pengaturan”. Ketuk "WhatsApp Web/Desktop" dan pindai kode QR yang ditampilkan di halaman Web WhatsApp menggunakan kamera ponsel.

3. Akses Pengaturan Privasi: Setelah masuk ke WhatsApp Web, klik ikon menu tiga titik di pojok kanan atas dan pilih "Pengaturan". Kemudian, klik "Privasi".

4. Aktifkan Kunci Layar: Di pengaturan Privasi, pengguna akan menemukan opsi untuk mengaktifkan fitur kunci layar. Alihkan sakelar untuk mengaktifkannya.

5. Tetapkan Kata Sandi: Setelah mengaktifkan fitur kunci layar, pengguna akan diminta untuk mengatur kata sandi. Masukkan kata sandi yang kuat dan aman yang dapat diingat.

6. Konfirmasi Kata Sandi: Masukkan kembali kata sandi untuk mengonfirmasi.

7. Kunci Layar Diaktifkan: Setelah mengatur kata sandi, fitur kunci layar akan diaktifkan. Mulai saat itu, setiap kali ingin mengakses WhatsApp Web, maka akan diminta memasukkan kata sandi.

Saat ini, fitur kunci layar hanya tersedia untuk penguji beta yang telah mendaftar di program WhatsApp Web Beta. Penguji beta mendapatkan akses awal ke fitur dan pembaruan baru, memungkinkan mereka memberikan masukan dan membantu meningkatkan fungsionalitas aplikasi sebelum dirilis ke masyarakat umum. Artinya, untuk saat ini, pengguna harus bergabung dengan program beta untuk mendapatkan fitur ini.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement