Kamis 10 Aug 2023 04:08 WIB

Ini Kemudahan Fitur Baru Percakapan Suara WhatsApp

Fitur baru ini diperkirakan akan hadir untuk semua pengguna WhatsApp.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Aplikasi berkirim pesan WhatsApp telah meluncurkan fitur percakapan suara baru secara terbatas melalui WhatsApp Beta.
Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
Aplikasi berkirim pesan WhatsApp telah meluncurkan fitur percakapan suara baru secara terbatas melalui WhatsApp Beta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Aplikasi berkirim pesan WhatsApp telah meluncurkan fitur percakapan suara baru secara terbatas melalui WhatsApp Beta. Fitur baru ini diperkirakan akan hadir untuk semua pengguna WhatsApp dalam waktu dekat.

Fitur percakapan suara baru ini memungkinkan 32 orang anggota di dalam sebuah group chat untuk saling berinteraksi melalui suara. Fitur ini bekerja mirip seperti fitur Space yang dimiliki oleh media sosial Twitter atau X.

Baca Juga

Sebelumnya, WhatsApp telah memiliki fitur percakapan berupa telepon grup. Percakapan telepon ini memungkinkan banyak orang untuk saling terhubung dan berinteraksi melalui suara dalam satu waktu.

Akan tetapi, fitur telepon grup memiliki beberapa keterbatasan. Salah satunya, jumlah maksimal pengguna yang bisa berpartisipasi dalam satu telepon grup adalah 15 orang. Selain itu, fitur telepon grup akan mengaktifkan notifikasi telepon ke semua anggota di dalam group chat sehingga bisa menimbulkan ketidaknyamanan.

Fitur terbaru ini juga lebih mudah digunakan karena pengguna tidak harus menambahkan peserta percakapan secara manual seperti saat melakukan telepon grup. Fitur ini juga bisa dimanfaatkan seperti sebuah live stream atau sarana untuk mendiskusikan pekerjaan.Fitur percakapan suara terbaru dari WhatsApp ini menghadirkan beberapa hal yang berbeda. 

Tak hanya bisa memuat 32 orang sekaligus, fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk bergabung atau meninggalkan percakapan suara dengan lebih mudah seperti saat menggunakan fitur Space di Twitter atau voice chat room di Discord.

Menurut WABetaInfo, fitur percakapan suara terbaru dari WhatsApp ini telah tersedia dalam WhatsApp Beta versi 2.23.16.19. Versi beta tersebut sudah tersedia di Play Store dan bisa diakses oleh para pengguna Android yang memakai WhatsApp Beta.Untuk menggunakan fitur percakapan suara terbaru ini, pengguna WhatsApp Beta dapat menekan ikon bergambar gelombang yang muncul di bagian atas saat membuka group chat

Ketika fitur ini diaktifkan, anggota lain di dalam grup hanya akan menerima notifikasi kecil tanpa suara, tak seperti notifikasi panggilan masuk WhatsApp yang memenuhi satu layar ponsel.

WABetaInfo juga mengungkapkan bahwa percakapan suara yang dilakukan melalui fitur baru ini akan terenkripsi secara end to end untuk memastikan keamanan pengguna. Seperti dilansir AndroidPolice pada Rabu (9/8/2023), enkripsi ini sama seperti enkripsi end to end yang berlaku untuk semua percakapan yang dilakukan melalui aplikasi WhatsApp. 

Fitur percakapan suara terbaru dari WhatsApp ini bisa berlangsung selama 60 menit sebelum berakhir secara otomatis. Namun bila percakapan belum selesai, para anggota group chat bisa memulai percakapan suara yang baru dengan menekan ikon bergambar gelombang kembali di dalam group chat.

Saat ini, fitur percakapan suara terbaru WhatsApp tersebut masih dalam tahap pengujian. Setelah terbukti stabil dan tak terganjal kendala, fitur ini kemungkinkan akan segera dirilis untuk pengguna WhatsApp secara umum. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement