Jumat 11 Aug 2023 13:08 WIB

Makin Terhubung dengan Instagram, Ini Dia Deretan Fitur Baru Threads

Meta telah mengikat Threads lebih dekat ke Instagram.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Natalia Endah Hapsari
Pengguna kini bisa membagikan unggahan Threads ke pesan langsung Instagram.
Foto: EPA-EFE/ETIENNE LAURENT
Pengguna kini bisa membagikan unggahan Threads ke pesan langsung Instagram.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Threads, saingan Meta untuk Twitter, telah mendapatkan pemutakhiran gratis yang signifikan lainnya. Sayangnya pembaruan itu bukan versi desktop yang diminta oleh banyak pengguna. Sebaliknya, Meta telah mengikatnya lebih dekat ke Instagram. 

Pembaruan yang diumumkan oleh Mark Zuckerberg dan sekarang tersedia di aplikasi iOS dan Android itu memungkinkan Anda untuk membagikan unggahan Threads ke pesan langsung Instagram.

Baca Juga

Dilansir dari T3, Jumat (11/8/2023), ini bukan layanan Direct Messages (DM) terintegrasi yang diinginkan banyak pengguna atau versi desktop yang telah diumumkan tetapi belum dikirimkan, tetapi ini adalah langkah ke arah yang benar, meskipun mengharuskan Anda untuk menggunakan Instagram serta Threads. Ada juga tombol Mention baru yang memudahkan menandai orang lain di kiriman Anda. 

Ada juga dua fitur utama yang kurang menarik tetapi sangat penting, yaitu teks alternatif khusus pada foto dan video, dan verifikasi yang lebih baik pada platform fediverse seperti Mastodon. Fediverse adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan beberapa jejaring sosial federasi yang dapat terhubung satu sama lain sambil tetap menjadi entitas yang terpisah, jadi misalnya pengguna Threads dapat (tetapi belum bisa) berkomunikasi dengan pengguna Mastodon dan sebaliknya. 

Jika Anda pengguna media sosial yang bisa melihat, Alt-text adalah teks yang muncul saat Anda mengarahkan kursor ke gambar atau video. Ini sangat penting bagi orang-orang dengan masalah penglihatan: tanpa alt-text, mereka tidak dapat serta merta mengetahui seperti apa gambar atau video itu. 

Mengunggah tanpa teks alternatif di jaringan pesaing adalah larangan besar, dan budaya itu adalah itu adalah hal yang baik: mengunggah gambar tanpa teks alternatif di Mastodon dan Anda akan diberi tahu, dan Anda dapat mengatur Bluesky untuk memastikan bahwa Anda letakkan alt-text pada semua yang ada di pengaturan aplikasi. Jadi peningkatan fitur alt-text Threads sangat disambut baik untuk sejumlah besar orang yang menelusuri layanan menggunakan fitur aksesibilitas, pembaca layar, dan sebagainya. 

Fitur kedua, verifikasi identitas di fediverse, juga penting. Seperti yang diposting bos Threads Adam Mosseri, “Kami juga telah meluncurkan dukungan Threads untuk tautan rel-me untuk membantu Anda memverifikasi identitas Anda di platform seperti Mastodon. Sekarang Anda dapat menambahkan tautan profil Threads Anda di platform yang didukung untuk memverifikasi identitas Anda.” 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement