Selasa 01 Aug 2023 12:08 WIB

Segera Meluncur, Cek 11 Fakta Unik iPhone 15

Seri iPhone 15 ini diprediksi menghadirkan model generasi mutakhir.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Natalia Endah Hapsari
Tampilan samping seri iPhone 15 yang disebut berwarna black matte.
Foto: dok GizChina
Tampilan samping seri iPhone 15 yang disebut berwarna black matte.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Hanya beberapa pekan lagi, tepatnya September 2023, iPhone keluaran terbaru akan segera dirilis. September memang selalu menjadi bulan rutin yang dipilih raksasa teknologi itu untuk memperkenalkan produk-produk terbaru.

Beberapa generasi terakhir iPhone sebagian besar hanya memberikan peningkatan berulang, namun seri iPhone 15 ini diharapkan memberikan model generasi mutakhir. Melansir Indian Express, Selasa (1/8/2023), berikut ini merupakan 11 hal yang harus diketahui tentang iPhone 15.

Baca Juga

1. Bingkai Titanium

Ponsel iPhone 15 dan iPhone 15 Plus disebut-sebut akan menyamai desain seri iPhone 14, menampilkan bingkai aluminium datar, dan pengaturan dua kamera di bagian belakang. Sementara itu, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menjadi perangkat iPhone pertama yang menggunakan bingkai titanium.

 

2. Tombol Aksi

Seri Apple iPhone 15 Pro dikabarkan akan mengganti tombol mute, dengan tombol aksi yang dapat diprogram serta dapat digunakan sesuai kebijaksanaan pengguna. Namun, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan terus menawarkan tombol mute lama yang sama, yang telah menjadi bagian dari iPhone sejak model pertama.

 

3. Port USB Tipe-C

Semua varian iPhone 15 dilaporkan akan memiliki port USB Type-C. Namun, dilaporkan bahwa hanya model Pro yang akan memiliki kecepatan transfer data USB 3.2 yang lebih cepat, sementara hal yang sama akan terbatas hanya pada standar USB 2.0 pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

 

4. Dynamic Island dengan Bezel Ultra Tipis

Sama seperti seri iPhone 14 Pro, keempat varian iPhone 15 akan menampilkan tampilan modern dengan potongan berbentuk kapsul. Seri iPhone 15 Pro akan menggunakan teknologi layar LIPO baru untuk mengurangi ukuran bezel menjadi 1,5 mm.

 

5. Prosesor A17 Bionik

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan menggunakan A17 Bionic terbaru, chip 3nm yang dibuat oleh TSMC. Demikian pula, iPhone 15 dan 15 Plus akan menggunakan generasi sebelumnya A16 Bionic, yang saat ini mendukung seri iPhone 14 Pro.

 

6. Memori 8 GB

Untuk pertama kalinya, Apple akan menyertakan RAM 8 GB pada seri iPhone 15 Pro, sementara iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan menawarkan RAM 6 GB, dan varian dasar dari semua model iPhone 15 kemungkinan menawarkan penyimpanan internal 128 GB.

 

7. Lensa Zoom Telefoto Periskop

Model iPhone kelas atas ini kemungkinan akan menawarkan kamera sudut lebar 48 MP beresolusi tinggi. Faktanya, iPhone 15 Pro Max akan menjadi iPhone pertama yang menyertakan lensa zoom periskop dengan lensa zoom optik 5/6x.

 

8. Desain Ramah Perbaikan

Apple memperkenalkan desain ramah perbaikan pada iPhone 14 dan iPhone 14 Plus. Desain yang sama akan diperluas untuk keempat varian seri iPhone 15, membuatnya lebih mudah untuk menukar panel belakang, baterai, dan layar.

 

9. Wifi 6E

IPhone 15 Pro dan 15 Pro Max yang lebih mahal dilaporkan mendapatkan kemampuan Wi-Fi 6E, berkat modem jaringan baru dan lebih baik dari Qualcomm. IPhone 15 entry-level dan iPhone 15 Plus akan terbatas pada Wi-Fi, karena keduanya didasarkan pada chip jaringan yang sama dengan iPhone 14 Pro.

 

10. Chip Ultra-Wideband

Apple dikabarkan akan menyertakan chip ultra-wideband baru dan lebih efisien, yang akan digunakan untuk integrasi ekosistem yang lebih baik. Chip baru ini dikatakan membantu Apple menghadirkan kompatibilitas yang lebih baik antara headset VR Vision Pro pertama perusahaan.

 

11. Pemindai LiDAR

LiDAR telah menjadi bagian dari seri iPhone Pro sejak jajaran iPhone 12 dan sekarang pada iPhone 15 Pro. Sensor baru dan peningkatan lebih baik dari Sony, adalah pemetaan kedalaman 3D, memberikan hasil bidikan potret yang lebih baik dan pengalaman aplikasi AR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement